Ketawadlu’an (Rendah Diri) Baginda Nabi Muhammad Saw

Baginda Nabi Muhammad saw adalah orang yang paling rendah diri walaupun beliau yang paling tinggi derajatnya. Beliau rela naik keledai dalam waktu yang relatif lama. Di samping itu beliau juga tidak segan-segan membonceng orang di belakangnya. Beliau tidak segan menjenguk orang sakit, mengiring jenazah, memenuhi undangan seorang budak, menjahit sandal dan menambal pakaian sendiri.

Beliau berkenan mengerjakan dan melayani keluarganya di rumah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Para sahabat tidak berdiri saat baginda Nabi Saw datang karena mereka tahu bahwa beliau tidak menyukai hal itu. Saat bertemu anak-anak kecil, maka beliau tidak enggan untuk mengucapkan salam kepada mereka terlebih dahulu. Ketika bersama para sahabat, maka beliau membaur seakan beliau salah satu dari mereka, sehingga ketika ada orang yang baru datang, maka tidak tahu yang manakah baginda Nabi sehingga dia bertanya terlebih dahulu.

Ketika duduk bersama orang-orang, jika yang mereka perbincangkan masalah akhirat, maka beliaupun menyertai mereka. Dan jika yang mereka perbincangkan masalah makanan dan minuman, maka beliaupun tetap rela berbincang-bincang bersama karena bentuk kasih sayang dan tawadlu’ beliau kepada mereka. Sesekali orang-orang ada yang mendendangkan syair dan mengatakan hal-hal yang berbau jahiliyah di hadapan beliau sambil tertawa, ketika mereka tertawa maka beliau terseyum. Beliau tidak pernah melarang orang-orang kecuali perkara yang haram.
(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kepribadian nabi Muhammad saw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer