Kedermawanan Baginda Nabi Muhammad Saw

Baginda Nabi Muhammad Saw adalah orang yang paling dermawan. Di bulan Romadlon, beliau seperti angin lepas yang tidak pernah menahan apapun.

Sahabat Ali Ra berkata tentang kedermawan baginda Nabi Saw, “Rosulullah Saw adalah pemilik telapak tangan yang paling dermawan, orang yang paling lapang dadanya, paling benar perkataannya, paling menepati janji, paling lemas badannya, dan paling mulia sahabat-sahabatnya. Siapapun yang memandang beliau, maka langsung segan. siapapun yang mengenal beliau, maka akan mencintainya. Orang yang ingin mensifati beliau, maka pasti dia akan berkata, ‘aku tidak pernah melihat orang seperti beliau sebelum dan setelah beliau ini’. Tidak pernah sama sekali beliau di mintai sesuatu kecuali beliau memberikannya.”

Sesungguhnya ada seorang lelaki yang mendatangi baginda Nabi Muhammad Saw dan meminta sesuatu, kemudian beliau memberikan padanya kambing yang banyaknya memenuhi tempat diantara dua bukit. Ketika lelaki itu kembali ke kaumnya, maka dia berkata pada mereka “masuklah kalian semua ke agama islam, karena sesungguhnya Muhammad telah memberikan semuanya seakan dia tidak khawatir akan menjadi faqir.”

Beliau tidak pernah sama sekali ketika di minta kemudian menjawab dengan bahasa, “tidak”. Beliau pernah di beri hadiah sembilan puluh ribu dirham yang beliau letakkan di bawah tikar. Kemudian timbul rasa senang di dalam diri beliau kepada dirham-dirham tersebut sehingga beliaupun membagi-bagikannya. Tidak ada seorang peminta pun yang kembali dengan tangan hampa hingga dirham-dirham tersebut habis.

Suatu ketika ada seorang lelaki datang menghadap Nabi dan meminta sesuatu. Beliau berkata padanya, “aku sudah tidak memiliki apa-apa, tapi belilah apa yang kau perlukan atas namaku. Ketika aku sudah mendapat rizki, maka aku akan melunasinya”. Lalu sahabat Umar Ra berkata “wahai Rosulullah, Allah tidak membebankan pada anda sesuatu yang tidak anda mampu”. Nabipun kurang suka dengan apa yang di katakan sahabat Umar. Kemudian lelaki itu berkata, “belanjakanlah dan jangan khawatir terhadap Tuhan yang menguasai arsy”, karena menganggap hal tersebut sedikit. Kemudian baginda Nabi Saw terseyum dan nampak jelas kegembiraan di wajah beliau.

    Ketika Nabi Saw selesai dari perang Hunain, maka sekelompok orang arab mendatangi beliau dan meminta harta hingga mendesak beliau ke sebuah pohon. Dan tidak tanggung-tanggung selendang beliaupun diambil oleh mereka. Kemudian beliau berdiri seraya bersabda,  “berikanlah selendangku padaku. Seandainya aku memiliki harta sejumlah pohon-pohon ini niscaya akan aku bagikan diantara kalian, sehingga kalian tidak menganggap aku sebagai orang pelit, pembohong dan penakut.”

Keberanian Baginda Nabi Muhammad Saw
   
    Baginda Nabi Muhammad Saw adalah orang yang paling mulia dan paling pemberani.
Sahabat Ali Ra berkata, “sesungguhnya aku melihat diriku pada waktu perang Badar, kita semua berlindung kepada baginda Nabi Saw. Beliau adalah orang yang paling dekat dengan musuh dan paling hebat serangannya pada saat itu.”

Sahabat Ali juga berkata, “kami_pasukan muslimin_ ketika keadaan sangat berbahaya dan masing-masing pasukan saling bertemu, maka kami berlindung kepada Rosulullah Saw. Tidak ada seorangpun _dari muslimin_ yang lebih dekat posisinya dengan musuh melebihi dekatnya beliau. Ketika beliau di kepung oleh pasukan musyrik, maka beliau turun dari keledai, kemudian segera bersabda, ‘aku adalah seorang nabi yang tidak pernah berdusta. Aku adalah cucu Abdul Mutholib.’ Dan pada saat itu tidak ada seorangpun yang terlihat lebih hebat serangannya melebihi beliau.”
(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kepribadian nabi Muhammad saw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer