Nabi Muhammad Saw Yang Selalu Memaafkan Walaupun Beliau Mampu Membalas Dan Menghukum

Baginda Nabi Muhammad Saw adalah orang yang paling bijaksana dan paling senang memaafkan, walaupun mampu untuk membalas dan menghukum. Suatu ketika dalam satu peperangan pernah ada seorang lelaki musyrik yang melihat cahaya bersinar di antara orang-orang muslim. Lalu dia menghampiri hingga sampai tepat diatas kepala baginda Nabi Muhammad Saw dengan menghunuskan pedang.

Dia berkata pada Nabi Saw, “siapakah yang akan menyelamatkanmu dariku?.”

“Allah yang akan menyelamatkan” jawab baginda Nabi Saw.

Pedang pun jatuh dari tangan lelaki tersebut, lalu Nabi mengambilnya seraya bersabda, “sekarang siapakah yang akan meyelamatkanmu dariku?.”

Lelaki itu menjawab, “jadilah anda orang yang paling baik saat memberi hukuman.”

Beliau Nabi Saw bersabda padanya, “katakanlah, ‘aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya aku_Nabi Muhammad_ adalah utusan Allah’.” Dia menjawab, “tidak, namun aku tidak akan memerangi anda dan tidak akan bersama dengan orang-orang yang memerangi anda.”

Beliaupun membiarkan dia pergi hingga sampai ke teman-temannya.

Dia berkata pada mereka, “aku datang pada kalian dari sisi orang yang paling baik.”

Sering sekali beliau di mintai izin oleh para sahabatnya agar di perbolehkan untuk membunuh orang yang telah berbuat jelek pada beliau. Ada yang memohon pada beliau, “Wahai Rosulullah, biarkanlah saya untuk memenggal kepalanya!”. Namun beliau tidak mau dan melarang keinginan para sahabat. Beliau selalu berkenan menerima alasan orang yang memberikan alasan pada beliau.

Terkadang beliau bersabda, “Allah telah memberi rahmat kepada saudaraku, Nabi Musa, sesungguhnya dia telah di sakiti melebihi hal ini dan dia mampu bersabar.”

Beliau juga bersabda,

لَا يُبَلِّغُنِيْ أَحَدٌ مِنْكُمْ عَنْ أَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِيْ شَيْئًا فَإِنِّيْ أُحِبُّ أَنْ أَخْرُجَ إِلَيْكُمْ وَأَنَا سَلِيْمُ الصَّدْرِ
 “salah satu dari kalian janganlah menyampaikan sesuatu _yang tidak enak_ dari salah satu sahabatku. Karena sesungguhnya akau senang jika aku mendatangi kalian dalam keadaan hati yang selamat.”

Baginda Nabi Muhammad Saw Selalu Memejamkan Pandangan Dari Hal Yang Tidak Beliau Suka

    Baginda Nabi Muhammad Saw adalah orang yang tipis kulitnya dan lunak dhahir batinnya. Kemarahan dan keridloan nampak jelas di wajah beliau. Beliau tidak pernah beradu mulut dengan siapapun tentang hal yang tidak beliau suka.

Suatu ketika ada orang A’robi yang kencing di masjid di hadapan beliau sehingga para sahabat hendak menghajarnya, namun kemudian beliau bersabda, “jangan kalian hentikan kencingnya, biarkan saja!.” Setelah selesai, maka beliau menghampiri orang tersebut seraya berkata, “sesungguhnya masjid-masjid seperti ini tidak layak di buat untuk hal-hal seperti kencing ini!.”
(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kepribadian nabi Muhammad saw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer