Akhlak Baginda Nabi Muhammad Saw Ketika Berpakaian

Baginda Nabi Muhammad Saw berkenan mengenakan pakaian seadanya. Kebanyakan pakaian beliau berwarna putih. Setiap mengenakan pakaian, maka beliau mengangkatnya di atas kedua mata kaki. Ketika mengenakan Qomis, maka beliau mengikat kancing-kancingnya, namun terkadang beliau melepas kancingnya. Beliau memiliki dua baju yang khusus di gunakan untuk sholat Jum’at di samping baju-baju yang di gunakan selain hari Jum’at.

Terkadang beliau hanya mengenakan satu sarung saat menjadi imam sholat bersama manusia. Beliau pernah memiliki selendang hitam yang beliau kenakan, namun kemudian beliau memberikannya pada orang lain. Beliau juga mengenakan cincin. Dan terkadang saat keluar rumah, beliau mengikatkan benang di cincin guna mengingat sesuatu.

Beliau juga menyetempel surat dengan cincin tersebut. Beliau mengenakan kopyah, baik beserta dengan sorban ataupun tidak. Terkadang beliau melepaskan kopyahnya dan di letakkan di depan beliau sebagai sutro (pembatas sholat) kemudian melaksanakan sholat. Ketika mengenakan pakaian, maka beliau mengenakan dari bagian kanan terlebih dahulu seraya berdoa :

" اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ مَا أُوَارِي بِهِ عَوْرَتِيْ وَأَتَجَمَّلُ بِهِ فِي النَّاسِ "
“segala puji bagi Allah yang telah mengenakan pakaian yang aku gunakan untuk menutupi auratku dan aku gunakan berhias di depan manusia”

Ketika melepas pakaian, maka beliau melepas dari bagian kiri terlebih dahulu. Ketika mengenakan pakaian yang baru, maka beliau memberikan pakaian yang lama kepada orang miskin, kemudian bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَكْسُوْ مُسْلِمًا لِلهِ إِلَّا كَانَ فِيْ ضَمَانِ اللهِ وَحَرَّزَهُ حَيًّا وَمَيِّتًا
 “tidaklah seorang muslim yang memberikan pakaian kepada orang muslim yang lain karena Allah kecuali dia berada dalam tanggungan dan perlindungan-Nya ketika masih hidup dan setelah mati.”

Tikar yang beliau gunakan terbuat dari kulit binatang yang di isi dengan sabut pohon kurma. Beliau memiliki selimut kasar yang biasa beliau gunakan tikar yang di lipat menjadi dua dan beliau gunakan duduk. Diantara akhlak beliau adalah memberi nama pada binatang tunggangan, senjata dan harta-harta beliau.

(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kisah Hidup Nabi Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer