Akhlak baginda Nabi Muhammad Saw Ketika Makan

Baginda Nabi Muhammad Saw rela memakan apa yang ada _tidak mencari-cari yang tidak ada_. Ketika makanan telah tersedia, maka beliau berdoa :

" بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا نِعْمَةً مَشْكُوْرَةً تَصِلُ بِهَا نِعْمَةُ الْجَنَّةِ "
“dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jadikanlah makanan ini sebagai bentuk nikmat yang di syukuri dan bersambung dengan kenikmatan surga”

    Beliau tidak pernah makan makanan yang masih panas. Beliau bersabda,

إِنَّ اللهَ لَمْ يُطْعِمْنَا نَارًا فَأَبْرِدُوْهُ
 “sesungguhnya Allah Swt tidak memberi makan api pada kita. Maka dinginkanlah makanan yang masih panas.”

Beliau memakan makanan yang ada di dekatnya. Beliau memakan roti gandum merah, buah kerai (sejenis mentimun) dengan kurma basah. Makanan yang banyak di makan oleh beliau adalah kurma dan air. Makanan yang paling beliau suka adalah daging. Beliau memakan jenang tsarid dengan daging. Beliau menyukai labu.

    Yang beliau suka dari kambing adalah bagian lengan dan paha. Beliau tidak menyukai bagian pantat, dzakar, pelir, tempat air kencing (kandung kemih), babat, kemaluan, dan beliau menghukumi makruh memakannya. Beliau tidak berkenan memakan bawang putih dan bawang merah. Sama sekali beliau tidak pernah mencela makanan. Jika beliau suka, maka berkenan memakannya, dan jika tidak, maka hanya di biarkan tanpa di cela. Beliau tidak suka daging biawak dan limpa, namun tidak mengharamkan keduanya.

    Ketika selesai makan maka beliau berdoa :

" اَلْحَمْدُ لِلهِ , اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَطْعَمْتَ فَأَشْبَعْتَ وَسَقَيْتَ فَأَرْوَيْتَ, لَكَ الْحَمْدُ غَيْرَ مَكْفَوْرٍ وَلَا مُوْدَعٍ وَلَا مُسْتَغْنَى عَنْهُ "

“segala puji bagi Allah. Ya Allah segala puji bagi Engkau yang telah memberi makan hingga sampai mengeyangkan, dan memberi minum hingga terasa menyegarkan. Segala puji bagi Engkau Yang tidak di kufuri, tidak di tinggalkan dan sangat di butuhkan”
   
Ketika selesai makan daging, maka beliau membasuh tangan dengan basuhan yang baik. Beliau hanya meminum air tiga teguk dengan cara menghisap tidak menggelogok (jawa:ngokop). Ketika bernafas saat minum, maka beliau tidak bernafas di wadah air akan tetapi berpaling darinya. Ketika berada di rumah, maka terkadang beliau mengambil makan dan minum sendiri.
(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kisah Hidup Nabi Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer