Bicara dan Tertawanya Baginda Nabi Muhammad Saw

Baginda Nabi Muhammad Saw adalah orang yang paling fasih dan paling manis ucapannya.
Beliau bersabda,

أَنَا أَفْصَحُ الْعَرَبِ
 “aku adalah orang yang paling fasih dari golongan orang arab.”

Beliau selalu berkata dengan bahasa yang mencakup semuanya tanpa berlebihan dan tanpa kurang. Perkataan beliau mampu di hafal dan di jaga oleh yang mendengarnya. Suara beliau keras dan paling indah intonasinya. Tidak pernah bicara selain kebutuhan. Tidak pernah berkata saat marah ataupun tidak kecuali hal-hal yang benar. Berpaling dari orang yang bicara tentang hal-hal yang kurang baik. Menggunakan kinayah ketika terpaksa berbicara tentang hal-hal yang tidak beliau sukai.

Ketika beliau diam, maka para sabahat yang bersama beliau yang bicara. Tidak ada kesan berebut bicara saat di dekat Nabi Saw. Beliau memberi mauidloh dengan selalu bersemangat dan nasehat. Beliau adalah orang yang paling sering terseyum dan tertawa di depan para sahabatnya. Yang paling sering menampakkan kekaguman terhadap apa yang di bicarakan oleh para sahabatnya dan sangat sering berbaur dengan mereka.

Terkadang beliau tertawa hingga gigi geraham beliau kelihatan. Ketika para sahabat tertawa di dekat baginda Nabi Muhammad Saw, maka mereka hanya terseyum karena mengikuti apa yang di lakukan oleh Nabi dan memuliakan beliau. Ketika ada sesuatu yang menimpa, maka beliau menyerahkan semuanya kepada Allah Swt dan merasa tidak punya daya dan kekuatan serta memohon turunnya petunjuk seraya berdoa :

" اَللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيْلَ وَمِيْكَائِيْلَ وَإِسْرَافِيْلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيْمَا كَانُوْا فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ اهْدِنِيْ لِمَا اخْتُلِفَ فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِيْ مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ "

“ Ya Allah Tuhannya Jibril, Mika’il dan Isrofil, Yang menciptakan langit dan bumi, Yang mengetahui perkara yang samar dan yang jelas. Engkaulah yang akan memberi keputusan diantara hamba-hamba-Mu di dalam hal-hal yang mereka perselisihkan, maka tunjukkanlah kebenaran padaku dalam hal yang di perselisihkan ini dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau akan memberi petunjuk pada setiap orang yang Engkau kehendaki terhadap jalan yang lurus”
(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Kisah Hidup Nabi Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer