Pernikahan Menurut Islam

Pernikahan Menurut Islam

ALLAH SWT berfirman, "Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah )." (QS. 51/Adz-Dzariyat: 49)

Ayat tersebut menegaskan bahwa semua makhluk hidup, kecuali para malaikat, Allah SWT takdirkan untuk berpasang-pasangan. Oleh karena itu mudah dimengerti apabila setiap orang, baik pria maupun wanita, ingin "berdekatan" dengan lawan jenisnya. Tetapi bagi orang yang beriman, keinginan itu tidak boleh disalurkan dengan begitu saja. Biarpun didasari perasaan suka sama suka dan terdorong oIeh keinginan saling membutuhkan.

Demi terpeliharanya martabat pria dan wanita dalam pergaulan sehari-hari, Islam menetapkan ketentuan yang universal. Juga dapat dipastikan saling menguntungkan kedua belah pihak. "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya. Dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS. 30/ Ar-Rum: 21)

Sekalipun Allah SWT menciptakan manusia untuk berpasang-pasangan, namun setiap orang tidak bisa leluasa menikahi lawan jenisnya. Ada aturan-aturan yang harus ditegakkan. juga terdapat norma-norma yang harus dipelihara. Dan Islam hanya mengakui pernikahan secara sah" sebagai satu-satunya bentuk berpasangan yang benar. Dengan demikian mudah dimengerti jika ajaran Islam mendorong pemeluknya yang sudah baligh dan mampu secara ekonomi, untuk segera melangsungkan pernikahan.

Dengan menikah secara sah, manusia dapat memelihara statusnya sebagai makhluk yang mulia dalam menyalurkan kebutuhan biologisnya. Selain itu pernikahan merupakan cara terbaik untuk kelangsungan dan pengembangbiakan manusia itu sendiri. "Wahai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan Allah menciptakan pasangannya (hawa) dari (diri)nya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan pria dan wanita yang banyak." (QS. 4/An-Nisa': 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer