Sifat Hakekat Manusia

Sifat Hakekat Manusia - Tiga Macam Manusia:Kafir Mukmin Dan Munafik

Ditinjau dari segi keimanan, manusia dibagi menjadi tiga, yaitu
a) kafir;
b) mukmin; dan
c) munafik.

Al-Qur'an menegaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT telah menunjukkan jalan iman kepada semua manusia. "Sungguh, Kami telahmenunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur (kafir)." (QS. 76/ Al-Insan: 3) "Demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)Nya, maka Dia (Allah) mengilhamkan kepadanya(jalan) kejahatan dan ketakwaannya' ." (QS. 91/Asy-Syams: 7-8) Akan tetapi hanya sebagian kecil saja yang beriman. "Dan kebanyakan manusia tidak akan beriman, walaupun engkau sangat menginginkannya." (QS. 12/Yusuf: 103)

Nabi Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Ingatlah, sesungguhnya anak Adam (umat manusia) diciptakan dari berbagai macam lapisan. Di antara mereka ada yang dilahirkan sebagai orang mukmin, hidup sebagai orang mukmin, dan mati dalam keadaan beriman. Ada pula yang dilahirkan dalam keadaan kafir, hidup sebagai orang kafir, dan matipun dalam keadaan kafir. Juga ada yang dilahirkan sebagai orang mukmin, lalu hidup sebagai orang mukmin, tetapi mati dalam keadaan kafir.

Sebaliknya ada yang lahir dalam keadaan kafir, dan hidup sebagai orang kafir, tetapi ia mati dalam keadaan beriman. (HR. Tirmidzi dan Abu Sa'id Al-Khudri ra., dengan sanad sahih) Agar hati kita tetap dalam ketaatan kepada Allah SWT, alangkah baiknya jika kita amalkan doa yang diajarkan dalam sebuah hadits. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Wahai Dzat yang memalingkan hati, teguhkanlah hati kami pada agama-Mu. Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hati kami dalam ketaatan kepada-Mu". (HR. Tirmidzi, dan Hakim)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer