(Fasal) menjelaskan hukum-hukum wasiat.
|
(فَصْلٌ
فِيْ أَحْكَامِ الْوَصِيَّةِ
|
Makna
wasiat secara bahasa dan syara’ telah dijelaskan diawal-awal kitab “FARAIDL”.
|
وَسَبَقَ مَعْنَاهَا لُغَةً وَشَرْعًا أَوَائِلَ
كِتَابِ الْفَرَائِضِ
|
Syarat
Barang Yang Diwasiatkan
Barang
yang diwasiatkan tidak disyaratkan harus ma’lum dan sudah wujud.
|
وَلَايُشْتَرَطُ فِيْ الْمُوْصَى بِهِ أَنْ يَكُوْنَ
مَعْلُوْمًا وَمَوْجُوْدًا
|
Dengan
demikian, maka boleh wasiat dengan barang yang ma’lum dan barang yang majhul
seperti air susu yang masih berada di kantong susu binatang.
|
(وَ)
حِيْنَئِذٍ (تَجُوْزُ الْوَصِيَّةُ بِالْمَعْلُوْمِ وَالْمَجْهُوْلِ)
كَاللَّبَنِ فِيْ الضَّرْعِ
|
Dan
-wasiat- dengan barang yang sudah wujud atau belum wujud seperti
wasiat kurma kering dari pohon ini sebelum wujud buahnya.
|
(وَبِالْمَوْجُوْدِ
وَالْمَعْدُوْمِ) كَالْوَصِيَّةِ بِتَمْرِ هَذِهِ الشَّجَرَةِ قَبْلَ وُجُوْدِ
الثَّمْرَةِ
|
Wasiat
Dari Sepertiga
Wasit
diambilkan dari sepertiga harta orang yang berwasiat.
|
(وَهِيَ)
أَيِ الْوَصِيَّةُ (مِنَ الثُّلُثِ) أَيْ ثُلُثِ مَالِ الْمُوْصِيْ
|
Sehingga,
jika lebih dari sepertiganya, maka yang lebih tergantung pada persetujuan ahli
waris yang mutlak tasharrufnya.
|
(فَإِنْ
زَادَ) عَلَى الثُّلُثِ (وُقِفَ) الزَّائِدُ (عَلَى إِجَازَةِ الْوَرَثَةِ)
الْمُطْلَقِيْ التَّصَرُّفِ
|
Jika
mereka setuju, maka persetujuan mereka adalah bentuk realisasi wasiat dengan harta
yang lebih dari sepertiga.
|
فَإِنْ أَجَازُوْا فَإِجَازَتُهُمْ تَنْفِيْذٌ
لْلْوَصِيَّةِ بِالزَّائِدِ
|
Jika
mereka menolak, maka hukum wasiat menjadi batal pada bagian yang lebih dari
sepertiga.
|
وَإِنْ رَدُّوْهُ بَطَلَتْ فِيْ الزَّائِدِ
|
Tidak
diperkenankan wasiat pada ahli waris walaupun diambil dari sebagian sepertiga
dari harta orang yang berwasiat, kecuali jika ahli waris yang lain yang
mutlak tasharruf setuju.
|
(وَلَا
تَجُوْزُ الْوَصِيَّةُ لِوَارِثٍ) وَإِنْ كَانَتْ بِبَعْضِ الثُّلُثِ (إِلَّا
أَنْ يُجِيْزَهَا بِاقِيْ الْوَرَثَةِ) الْمُطْلَقِيْ التَّصَرُّفِ
|
Syarat
Orang Yang Wasiat
Mushannif
menjelaskan syarat orang wasiat di dalam perkataan beliau,
|
وَذَكَرَ الْمُصَنِّفُ شَرْطَ الْمُوْصِيْ فِيْ
قَوْلِهِ:
|
Hukumnya
sah, dalam sebagian redaksi menggunakan bahasa “hukumnya diperbolehkan”,
wasiat setiap orang yang baligh dan yang berakal, maksudnya orang yang
berkendak sendiri yang merdeka, walaupun orang kafir atau orang yang mahjur
alaih sebab safih.
|
(وَتَصِحُّ) وَفِيْ بَعْضِ النُّسَخِ وَتَجُوْزُ (الْوَصِيَّةُ
مِنْ كُلِّ بَالِغٍ عَاقِلٍ) أَيْ مُخْتَارٍ حُرٍّ وَإِنْ كَانَ كَافِرًا أَوْ
مَحْجُوْرًا عَلَيْهِ بِسَفَهٍ
|
Sehingga
tidak sah wasiat yang dilakukan orang gila, mughma alaih
(epilepsi), anak kecil dan yang dipaksa.
|
فَلَا تَصِحُّ وَصِيَّةُ مَجْنُوْنٍ وَمُغْمَى
عَلَيْهِ وَصَبِيٍّ وَمُكْرَهٍ
|
Syarat Orang Yang Diberi Wasiat
Mushannif menyebutkan syarat orang diberi wasiat
ketika ditentukan di dalam perkataan beliau, “ -wasiat hukumnya sah- pada
orang yang bisa menerima kepemilikan”, maksudnya setiap orang yang bisa untuk
memiliki.
|
وَذَكَرَ شَرْطَ الْمُوْصَى لَهُ إِذَا كَانَ
مُعَيَّنًا فِيْ قَوْلِهِ (لِكُلِّ مُتَمَلِّكٍ) أَيْ لِكُلِّ مَنْ يُتَصَوَّرُ
لَهُ الْمِلْكُ
|
Baik
anak kecil, orang besar, sempurna akalnya, gila, dan janin yang sudah wujud saat terjadi wasiat
dengan arti bayi itu lahir kurang dari enam bulan setelah waktu wasiat.
|
مِنْ صَغِيْرٍ وَكَبِيْرٍ وَكَامِلٍ وَمَجْنُوْنٍ
وَحَمْلٍ مَوْجُوْدٍ عِنْدَ الْوَصِيَّةِ بِأَنْ يَنْفَصِلَ لِأَقَلِّ مِنْ
سِتَّةِ أَشْهُرٍ مِنْ وَقْتِ الْوَصِيَّةِ
|
Dengan keterangan “orang yang tertentu”, mengecualikan permasalahan ketika yang diberi wasiat adalah jihah ‘ammah (tujuan yang umum).
|
وَخَرَجَ بِمُعَيَّنٍ مَا إِذَا كَانَ الْمُوْصَى
لَهُ جِهَّةً عَامَّةً
|
Sehingga,
sesungguhnya syarat dalam permasalahan ini adalah wasiat tidak pada jalur maksiat
seperti membangun gereja dari orang islam atau kafir karena untuk beribadah
di sana.
|
فَإِنَّ الشَّرْطَ فِيْ هَذَا أَنْ لَا تَكُوْنَ
الْوَصِيَّةُ جِهَةَ مَعْصِيَّةٍ كَعِمَارَةِ كَنِيْسَةٍ مِنْ مُسْلِمٍ أَوْ
كَافِرٍ لِلتَّعَبُّدِ فِيْهَا
|
Hukumnya
sah wasiat di jalan Allah Swt, dan ditasharrufkan kepada orang-orang yang
berperang.
|
(وَ)
تَصِحُّ الْوَصِيَّةُ (فِيْ سَبِيْلِ اللهِ تَعَالَى) وَتُصْرَفُ لِلْغُزَّاةِ
|
Dalam
sebagian redaksi menggunakan bahasa “fi sabilil bir” sebagai ganti “sabilillah”,
maksudnya seperti wasiat
untuk orang-orang faqir, atau membangun masjid.
|
وَفِيْ بَعْضِ النُّسَخِ بَدَلَ سَبِيْلِ اللهِ
وَفِيْ سَبِيْلِ البِرِّ أَيْ كَالْوَصِيَّةِ لِلْفُقَرَاءِ أَوْ لِبِنَاءِ
مَسْجِدٍ.
|
Al Isha’
(Mewasiatkan)
Dan
hukumnya sah wasiat, maksudnya berwasiat untuk melunasi hutang, melaksanakan
wasiat, dan mengurus urusan anak-anak kecil, pada orang yang memiliki lima
sifat.
|
(وَتَصِحُّ
الْوَصِيَّةُ) أَيِ الْإِيْصَاءُ بِقَضَاءِ الدُّيُوْنِ وَتَنْفِيْذِ
الْوَصَايَا وَالنَّظَرِ فِيْ أَمْرِ الْأَطْفَالِ (إِلَى مَنْ) أَيْ شَخْصٍ (اجْتَمَعَتْ
فِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ
|
Islam,
baligh, berakal, merdeka, dapat
dipercaya.
|
الْإِسْلَامُ وَالْبُلُوْغُ وَالْعَقْلُ وَالْحُرِّيَةُ
وَالْأَمَانَةُ)
|
mushannif
mencukupkan dari syarat “adil” Dengan bahasa “amanah”. Sehingga tidak sah
mewasiatkan kepada orang yang memiliki sifat-sifat bertolak belakang dengan
orang yang telah disebutkan.
|
وَاكْتَفَى بِهَا الْمُصَنِّفُ عَنِ الْعَدَالَةِ
فَلَا يَصِحُّ الْإِيْصَاءُ لِأَضْدَادِ مَنْ ذُكِرَ
|
Akan
tetapi menurut pendapat al
ashah hukumnya jawaz / sah wasiat kafir dzimmi
pada kafir dzimmi yang adil di dalam agamanya untuk mengurusi anak-anak orang
kafir.
|
لَكِنِ الْأَصَحُّ جَوَازُ وَصِيَّةِ ذِمِّيٍّ إِلَى
ذِمِّيٍ عَدْلٍ فِيْ دِيْنِهِ عَلَى أَوْلَادِ الْكُفَّارِ
|
Orang
yang diwasiati juga disyaratkan harus mampu untuk
mentasharrufkan.
|
وَيُشْتَرَطُ أَيْضًا فِيْ الْوَصِيِّ أَنْ لَا
يَكُوْنَ عَاجِزًا عَنِ التَّصَرُّفِ
|
Sehingga
orang yang tidak mampu untuk tasharruf sebab terlalu tua atau pikun semisal,
maka tidak sah berwasiat padanya.
|
فَالْعَاجِزُ عَنْهُ لِكِبَرٍ أَوْ هَرَمٍ مَثَلًا
لَا يَصِحُّ الْإِيْصَاءُ إِلَيْهِ
|
Ketika
syarat-syarat tersebut terkumpul pada ibu si anak kecil, maka ia lebih berhak
/ lebih utama daripada yang lainnya.
|
وَإِذَا اجْتَمَعَتْ فِيْ أُمِّ طِفْلٍ الشَّرَائِطُ
الْمَذْكُوْرَةُ فَهِيَ أَوْلَى مِنْ غَيْرِهَا.
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Takdir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar