(Fasal) syarat wajibnya
sholat ada tiga perkara.
|
(فَصْلٌ) وَشَرَائِطُ وُجُوْبِ
الصَّلَاةِ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ:)
|
Salah satunya adalah Islam.
Maka sholat tidak wajib bagi kafir asli. Dan tidak wajib mengqadla’ ketika ia
masuk Islam.
|
أَحَدُهَا
(الْإِسْلَاُم) فَلَا تَجِبُ الصَّلَاةُ عَلَى الْكَافِرِ الْأَصْلِيِّ وَلَا يَجِبُ
عَلَيْهِ قَضَاؤُهَا إِذَا أَسْلَمَ
|
Adapun orang murtad, maka
wajib baginya untuk melakukan sholat dan mengqadlainya ketika sudah kembali Islam.
|
وَأَمَّا
الْمُرْتَدُ فَتَجِبُ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَقَضَاؤُهَا إِنْ عَادَ إِلَى الْإِسْلَامِ
|
Yang kedua adalah baligh.
Maka sholat tidak wajib bagi anak kecil laki-laki dan perempuan.
|
(وَ) الثَّانِيْ (الْبُلُوْغُ)
فَلَا تَجِبُ عَلَى صَبِيٍّ وَصَبِيَّةٍ
|
Namun keduanya harus diperintah
melaksanakan sholat setelah berusia tujuh tahun jika sudah tamyiz, jika belum
maka diperintah setelah tamyiz.
|
لَكِنْ يُؤْمَرَانِ
بِهَا بَعْدَ سَبْعِ سِنِيْنَ إِنْ حَصَلَ التَّميِيْزُ بِهَا وَإِلَّا فَبَعْدَ
التَّمْيِيْزِ
|
Dan keduanya harus di pukul
sebab meninggalkan sholat setelah berusia sepulu tahun.
|
وَيُضْرَبَانِ
عَلَى تَرْكِهَا بَعْدَ كَمَالِ عَشْرِ سِنِيْنَ
|
Yang ketiga adalah memiliki
akal sehat. Maka sholat tidak wajib bagi orang gila.
|
(وَ) الثَّالِثُ (الْعَقْلُ) فَلَا
تَجِبُ عَلَى مَجْنُوْنٍ
|
Perkataan mushannif “akal
adalah batasan taklif (tuntutan
syareat)” tidak tercantum di dalam sebagian redaksi matan.
|
وَقَوْلُهُ
(وَهُوَ حَدُّ التَّكلِيْفِ) سَاقِطٌ فِيْ بَعْضِ نُسَخِ الْمَتْنِ
|
Sholat-Sholat
Sunnah
Sholat-sholat yang disunnahkan
ada lima. Dalam sebagian redaksi diungkapkan dengan bentuk jama’ yaitu “الْمَسْنُوْنَاتُ”.
|
(وَالصَّلَوَاتُ الْمَسْنُوْنَةُ)
وَفِيْ بَعْضِ النُّسَخِ الْمَسْنُوْنَاتُ (خَمْسٌ
|
Yaitu sholat dua hari raya,
maksudnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
|
الْعِيْدَانِ)
أَيْ صَلَاةُ عِيْدِ الْفِطْرِ وَعِيْدِ الْأَضْحَى
|
Dan sholat dua gerhana,
maksudnya gerhana matahari dan gerhana bulan. Dan istisqa’, maksudnya sholat
istisqa’.
|
(وَالْكُسُوْفَانِ) أَيْ صَلَاةُ
كُسُوْفِ الشَّمْسِ وَخُسُوْفِ الْقَمَرِ (وَالْإِسْتِسْقَاءُ) أَيْ صَلَاتُهُ.
|
Sholat
Sunnah Rawatib
Shalat-sholat sunnah yang
menyertai sholat-sholat fardlu, yang juga diungkapkan dengan sholat sunnah
ratibah / rawatib, ada tuju belas rokaat.
|
(وَالسُّنَنُ التَّابِعَةُ لِلْفَرَائِضِ)
وَيُعَبَّرُ عَنْهَا أَيْضًا بِالسُّنَةِ الرَّاتِبَةِ وَهِىَ (سَبْعَةَ عَشَرَ
رَكْعَةً
|
Dua rokaat fajar, empat
rokaat sebelum Dhuhur dan dua rokaat setelahnya, empat rokaat sebelum Ashar,
dua rokaat setelah Maghrib, dan tiga rokaat setelah Isya’ yang digunakan
untuk sholat witir satu rokaatnya.
|
رَكْعَتَا
الْفَجْرِ وَأَرْبَعٌ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَانِ بَعْدَهُ وَأَرْبَعٌ قَبْلَ
الْعَصْرِ وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَثَلَاثٌ بَعْدَ الْعِشَاءِ يُوْتِرُ
بِوَاحِدَةٍ مِنْهُنَّ)
|
Sholat
Witir
Satu rokaat adalah minimal
sholat witir. Dan maksimal sholat witir adalah sebelas rokaat.
|
الْوَاحِدَةُ
هِيَ أَقَلُّ الْوِتْرِ وَأَكْثَرُهُ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
|
Waktu sholat witir adalah di
antara sholat Isya’ dan terbitnya fajar.
|
وَوَقْتُهُ
بَعْدَ صَلَاةٍ الْعِشَاءِ وَطُلُوْعِ الْفَجْرِ
|
Sehigga, kalau ada seseorang
melakukan sholat witir sebelum sholat Isya’, baik sengaja atau lupa, maka
sholat yang dilakukan tidak di anggap.
|
فَلَوْ أَوْتَرَ
قَبْلَ الْعِشَاءِ عَمْدًا أَوْ سَهْوًا لَمْ يُعْتَدَّ بِهِ
|
Sholat rawati yang muakad (yang
sangat di anjurkan) dari semua sholat sunnah di atas ada sepuluh rokaat.
|
وَالرَّاتِبُ
الْمُؤَكَّدُ مِنْ ذَلِكَ كُلِّهِ عَشْرُ رَكَعَاتٍ
|
Yaitu dua rakaat sebelum
Subuh, dua rokaat sebelum dan setelah Dhuhur, dua rokaat setelah Maghrib dan
dua rokaat setelah sholat Isya’.
|
رَكْعَتَانِ
قَبْلَ الصُّبْحِ وَرَكْعَتَانِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَانِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَانِ
بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَانِ بَعْدَ الْعِشَاءِ .
|
Sholat Sunnah
Selain Rawatib
Dan tiga sholat sunnah muakkad yang tidak mengikut pada
sholat-sholat farldu.
|
(وَثَلَاثُ نَوَافِلَ مُؤَكَّدَاتٌ)
غَيْرُ تَابِعَةٍ لِلْفَرَائِضِ
|
Salah satunya adalah sholat
malam. Sholat sunnah mutlak di malam hari itu lebih utama dari pada sholat
sunnah di siang hari. Sholat sunnah mutlak di tengah malam adalah yang paling
utama. Kemudian di akhir malam yang lebih utama. Hal ini bagi orang yang
membagi waktu malam menjadi tiga bagian.
|
أَحَدُهَا
(صَلَاةُ اللَّيْلِ) وَالنَّفْلُ الْمُطْلَقُ فِي اللَّيْلِ أَفْضَلُ مِنَ النَّفْلِ
الْمُطْلَقِ فِي النَّهَارِ وَالنَّفْلُ وَسَطَ اللَّيْلِ أَفْضَلُ ثُمَّ آخِرَهُ
أَفْضَلُ وَهَذَا لِمَنْ قَسَّمَ اللَّيِلَ أَثْلَاثًا
|
Yang kedua sholat Dhuha.
Minimal sholat Dhuha adalah dua rakaat. Dan paling maksimal adalah dua belas
rakaat.
|
(وَ) الثَّانِيْ (صَلَاةُ الضُّحَى)
وَأَقَلُّهَا رَكْعَتَانِ وَأَكْثَرُهَا اثْنَتَا عَشَرَةَ رَكْعَةً
|
Waktu sholat Dhuha mulai
dari naiknya matahari -kira-kira setinggi satu tombak- hingga tergelincirnya
matahai, sebagaimana yang di sampaikan imam an Nawawi di dalam kitab at
Tahqiq dan Syarh al Muhadzdzab.
|
وَوَقْتُهَا
مِنِ ارْتِفَاعِ الشَّمْسِ إِلَى زَوَالِهَا كَمَا قَالَ النَّوَوِيُّ فِي التَّحْقِيْقِ
وَشَرْحِ الْمُهَذَّبِ
|
Yang ke tiga adalah sholat
tarawih. Yaitu sholat dua puluh rakaat dengan sepuluh kali salaman di setiap
malam di bulan Romadlon. Dan jumlahnya sebanyak lima tarawihan.
|
(وَ) الثَّالِثُ (صَلَاةُ التَّرَاوِيْحِ)
وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ فِيْ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ
وَجُمْلَتُهَا خَمْسُ تَرْوِيْحَاتٍ
|
Di setiap pelaksanaan dua
rakaat dari sholat tarawih, seseorang melakukan niat “sunnah tarawih” atau
“qiyam Romadlon (menghidupkan bulan Romadlon)”.
|
وَيَنْوِي
الشَّخْصُ فِيْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ مِنْهَا سُنَّةُ التَّرَاوِيْحِ أَوْ قِيَامُ
رَمَضَانَ
|
Dan seandainya ada seseorang
melakukan sholat tarawih empat rokaat sekaligus dengan satu kali salaman,
maka sholat yang ia lakukan tidak sah.
|
وَلَوْ صَلَّى
أَرْبَعًا مِنْهَا بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ لَمْ تَصِحَّ
|
Waktu sholat tarawih adalah
di antara sholat Isya’ dan terbitnya fajar.
|
وَوَقْتُهَا
بَيْنَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَطُلُوْعِ الْفَجْرِ
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Para Malaikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar