Hukum Sholat Hari Raya
(Fasal)
sholat dua hari raya, yaitu hari raya Idul Fitri dan Idul Adlha hukumnya
adalah sunnah muakkad.
|
(فَصْلٌ وَصَلَاةُ الْعِيْدَيْنِ)
أَيِ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى (سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ)
|
Sholat hari raya disunnahkan
untuk berjama’ah bagi orang sendirian, musafir, orang merdeka, budak, huntsa
dan wanita
yang tidak cantik dan tidak dzatul
haiat[1].
|
وَتُشْرَعُ
جَمَاعَةً لِمُنْفَرِدٍ وَمُسَافِرٍ وَحُرٍّ وَعَبْدٍ وَخُنْثًى وَامْرَأَةٍ لَا
جَمِيْلَةٍ وَلَا ذَاتِ هَيْئَةٍ
|
Sedangkan
untuk
wanita lanjut usia,
maka sunnah menghadiri sholat hari raya dengan mengenakan pakaian keseharian
tanpa memakai wewangian.
|
أَمَّا
الْعَجُوْزُ فَتَحْضُرُ الْعِيْدَ فِيْ ثِيَابِ بَيْتِهَا بِلَا طِيْبٍ
|
Waktu pelaksanaan sholat Ied
adalah di antara terbitnya matahari dan tergelincirnya.
|
وَوَقْتُ
صَلَاةِ الْعِيْدِ مَا بَيْنَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَزَوَالِهَا
|
Cara Pelaksanaan Sholat Ied
Sholat ied adalah sholat dua
rakaat, yaitu melakukan takbiratul ihram dua rakaat tersebut dengan niat
sholat idul Fitri atau idul Adha dan membaca do’a iftitah.
|
(وَهِيَ) أَيْ صَلَاةُ الْعِيْدِ
(رَكْعَتَانِ) يُحْرِمُ بِهِمَا بِنِيَّةِ عِيْدِ الفِطْرِ أَوِ الْأَضْحَى وَيَأْتِيْ
بِدُعَاءِ الْاِفْتِتَاحِ
|
Di dalam rakaat pertama
membaca takbir tujuh kali selain takbiratul ihram, kemudian membaca ta’awudz,
membaca surat Al Fatihah, dan membaca surat setelah Al Fatihah dengan
mengeraskan suara.
|
(وَ) يُكَبِّرُ (فِي) الرَّكْعَةِ
(الْأُوْلَى سَبْعًا سِوَى تَكْبِيْرَةِ الْإِحْرَامِ) ثُمَّ يَتَعَوَّذُ وَيَقْرَأُ
الْفَاتِحَةَ وَ يَقْرَأُ بَعْدَهَا سُوْرَةً جَهْرًا
|
Di dalam rakaat kedua
membaca takbir lima kali selain takbir untuk berdiri, kemudian membaca ta’awudz, lalu membaca
surat Al Fatihah dan surat Iqtarabat
dengan mengeraskan suara.
|
(وَ) يُكَبِّرُ (فِيْ) الرَّكْعَةِ
(الثَّانِيَةِ خَمْسًا سِوَى تَكْبِيْرَةِ الْقِيَامِ) ثُمَّ يَتَعَوَّذُ ثُمَّ
يَقْرَأُ الْفَاتِحَةَ وَسُوْرَةَ اقْتَرَبَتْ جَهْرًا
|
Khutbah Ied
Setelah
melaksanakan sholat dua rakaat, sunnah melakukan dua khutbah dengan membaca
takbir sembilan kali secara terus menerus di permulaan khutbah pertama, dan
membaca takbir tujuh kali secara terus menerus di permulaan khutbah kedua.
|
(وَيَخْطُبُ) نَدْبًا (بَعْدَهُمَا)
أَيِ الرَّكْعَتَيْنِ (خُطْبَتَيْنِ يُكَبِّرُ فِيْ) ابْتِدَاءِ (الْأُوْلَى تِسْعًا)
وِلَاءً (وَ) يُكَبِّرُ (فِيْ) ابْتِدَاءِ (الثَّانِيَةِ سَبْعًا) وِلَاءً
|
Seandainya kedua khutbah dipisah
dengan bacaan tahmid, tahlil dan puji-pujian, maka hal itu adalah baik.
|
وَلَوْ فَصَلَ
بَيْنَهُمَا بِتَحْمِيْدٍ وَ تَهْلِيْلٍ وَثَنَاءٍ كَانَ حَسَنًا
|
Pembagian Takbir Hari
Raya
Takbir terbagi menjadi dua,
takbir mursal, yaitu takbir yang tidak
dilaksanakan setelah sholat. Dan takbir muqayyad,
yaitu takbir yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat.
|
وَالتَّكْبِيْرُ
عَلَى قِسْمَيْنِ مُرْسَلٍ وَهُوَ مَا لَا يَكُوْنُ عَقِبَ صَلَاةٍ وَمُقَيَّدٍ
وَهُوَ مَا يَكُوْنُ عَقِبَهَا
|
Mushannif memulai dengan
menjelaskan takbir yang pertama. Beliau berkata, “bagi setiap orang laki-laki,
wanita, orang yang berada di rumah, dan musafir, sunnah membaca takbir di
rumah-rumah, jalan-jalan, masjid-masjid dan pasar-pasar, mulai dari
terbenamnya matahari malam hari raya, maksudnya hari raya Idul Fitri.”
|
وَبَدَأَ
الْمُصَنِّفُ بِالْأَوَّلِ فَقَالَ (وَيُكَبِّرُ) نَدْبًا كُلٌّ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثًى
وَحَاضِرٍ وَمُسَافِرٍ فِي الْمَنَازِلِ وَالطُّرُقِ وَالْمَسَاجِدِ وَالْأَسْوَاقِ
(مِنْ غُرُوْبِ الشَّمْسِ مِنْ لَيْلَةِ الْعِيْدِ) أَيْ عِيْدِ الْفِطْرِ
|
Kesunnahan takbir ini tetap
berlangsung hingga imam mulai melaksanakan sholat ied.
|
وَيَسْتَمِرُّ
هَذَا التَّكْبِيْرُ (إِلَى أَنْ يَدْخُلَ الْإِمَامُ فِي الصَّلَاةِ) لِلْعِيْدِ
|
Tidak disunnahkan membaca
takbir setelah pelaksanaan sholat di malam hari raya Idul Fitri. Akan tetapi
di dalam kitab al Adzkar, imam an Nawawi lebih memilih bahwa takbir tersebut
hukumnya
sunnah.
|
وَلَا يُسَنُّ
التَّكْبِيْرُ لَيْلَةَ عِيْدِ الْفِطْرِ عَقِبَ الصَّلَاةِ وَلَكِنِ النَّوَوِيُّ
فِي الْأَذْكَارِ اخْتَارَ أَنَّهُ سُنَّةٌ .
|
Kemudian mushannif beranjak
menjelaskan takbir muqayyad. Beliau
berkata, “sunnah
membaca takbir saat hari raya Idul Adha setelah melaksanakan sholat-sholat
fardlu”,
ada’ dan qadla’.
|
ثُمَّ شَرَعَ
فِي التَّكْبِيْرِ الْمُقَيَّدِ فَقَالَ (وَ) يُكَبِّرُ (فِيْ) عِيْدِ (الْأَضْحَى
خَلْفَ الصَّلَوَاتِ الْمَفْرُوْضَاتِ) مِنْ مُؤَدَّاةٍ وَفَائِتَةٍ
|
Begitu juga setelah sholat
rawatib, sholat sunnah mutlak dan sholat jenazah, mulai waktu Subuh hari
Arafah hingga Ashar di akhir hari Tasyrik.
|
وَكَذَا
خَلْفَ رَاتِبَةٍ وَنَفْلٍ مُطْلَقٍ وَصَلاَةِ جَنَازَةٍ (مِنْ صُبْحِ يَوْمِ عَرَفَةَ
إِلَى الْعَصْرِ مِنْ آخِرِ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ)
|
Bentuk bacaan takbir adalah,
اللهُ أَكْبَرُ
اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ
أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ، اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا
وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَّقَ
وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ"
“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Tidak ada tuhan selain Allah. Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, dan segala
puji hanya milik Allah. Allah Maha Besar dengan sesungguhnya. Dan segala puji
yang banyak hanyak untuk Allah. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Tidak
ada tuhan selain Allah, hanya Allah. Yang Telah membenarkan janji-Nya,
Menolong hamba-Nya, memenangkan pasukan-Nya dan mengalahkan musuh-musuhnya
hanya dengan sendirian ”
|
وَصِيْغَةُ
التَّكْبِيْرِ "اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلاَّ
اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ , اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا
وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إِلَهَ
إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَّقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ
الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ".
|
[1] Wanita yang gerak-geriknya mengundang perhatian.
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Tugas Malaikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar