Keutamaan Sholat Malam (Qiyam Al Lail)

Di antara ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang keutamaan qiyam al lail adalah firman Allah Swt di dalam surat As Sajdah ayat 16 :

Artinya :“lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan”.

Allah Swt berfirman dalam surat Az Zumar ayat 9 :

Artinya : “(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran”.

Allah Azza Wa Jalla berfirman dalam surat Al Furqaan ayat 64 :

Artinya : “dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka”. 

Allah Swt berfirman dalam surat Adz Dzariyat ayat 17 – 19 :

Artinya : “di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.  dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”. 

Di antara hadits yang menjelaskan tentang keutamaan sholat malam adalah sabda baginda Nabi Muhammad Saw,
رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا الْعَبْدُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا
 “sholat dua rokaat yang di lakukan seorang hamba di tengah malam, itu lebih baik baginya daripada dunia seisinya.

Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,
إِنَّ مِنَ اللَّيْلِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ
“sesungguhnya di sebagian malam terdapat satu waktu, yang mana tidak ada seorang hamba muslim yang memohon kebaikan kepada Allah Ta’ala bertepatan dengan waktu tersebut, kecuali Allah mengabulkan permohonannya.

Beliau Nabi Saw bersabda,
عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِيْنَ قَبْلَكُمْ 
“tetaplah kalian untuk melaksanakan sholat malam, karena sesungguhnya sholat malam merupakan rutinitas orang-orang sholeh sebelum kalian.”


Hal-Hal Yang Bisa Mempermudah Melakukan Sholat Malam

Di antara hal-hal yang bisa mempermudah melaksanakan qiyam al lail adalah tidak banyak makan yang bisa menyebabkan banyak minum, sehingga mudah mengantuk dan berat untuk bangun malam. Di antaranya lagi adalah tidak meninggalkan tidur qoilullah di siang hari yang hukumnya adalah sunnah, agar bisa membantu untuk melakukan sholat malam. Diantaranya lagi adalah mengetahui keutamaan bangun malam dengan mendengar ayat-ayat dan hadits-hadits tadi, sehingga pengharapan dan keinginannya untuk mendapat pahala bangun malam menjadi kuat dan kukuh,hingga bangkitlah keinginan yang kuat  untuk mendapatkan tambahan pahala dan ingin mendapatkan derajat di surga. 

Diantara sebabnya lagi dan ini termasuk pendorong yang paling mulia, yaitu cinta kepada Allah Swt dan kuatnya iman bahwa sesungguhnya selama melakukan sholat malam, dia tidak berkata satu hurufpun keculai dia sedang bermunajat kepada Tuhannya, sedangkan Allah Swt sedang melihat padanya dan menyaksikan apapun yang terbesit di dalam hatinya.Dan sesungguhnya gerakan-gerakan hatinya itu sedang berkomunikasi dengan Allah Swt. Jika dia seorang yang mencintai Allah Swt, maka pasti akan senang berdua dengan-Nya, merasa nikmat melakukan munajat.Rasa nikmat melakukan munajat dengan Dzat yang di cintainya itu bias mendorong untuk melakukan sholat malam yang lama.

(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Ciri Orang Munafik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer