Keutamaan Majlis Dzikir

Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,

مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُوْنَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا حَفَّتْ بِهِمُ الْمَلَائِكَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ تَعَالَى فِيْمَنْ عِنْدَهُ
 “tidaklah sekelompok kaum duduk bersama berdzikir kepada Allah Swt kecuali mereka di kelilingi para malaikat, di liputi dengan rahmat, dan Allah Swt menunjukkan mereka pada makhluk (malaikat) yang berada di sisi-Nya.


Keutamaan Tahlil

            Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,
أَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
 “sesuatu yang paling utama yang aku ucapan dan di ucapkan para nabi sebelumku adalah kalimat لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ .
Beliau Nabi Saw bersabda,


مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ كُلَّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ وَكُتِبَتْ لَهُ مِئَةُ حَسَنَةٍ وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِئَةُ سَيِّئَةٍ الْحَدِيْثَ
 “barang siapa mengucapkan kalimat لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ sebanyak seratus kali setiap hari, maka dia seperti memerdekakan sepuluh budak, di tulis seratus kebaikan untuknya dan di hapus seratus kesalahan darinya.


Keutaman Bacaan Tasbih, Tahmid
dan Dzikir-Dzikir Yang Lain

            Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,
مَنْ سَبَّحَ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ وَحَمِدَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ وَكَبَّرَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ وَخَتَمَ الْمِئَةَ بِلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ غُفِرَتْ ذُنُوْبُهُ
 “barang siapa setiap selesai sholat membaca tasbih 33 x, tahmid 33 x, takbir 33 x dan mengakhiri hitungan seratus dengan kalimat لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ, maka dosa-dosanya akan di ampuni.


            Beliau Nabi Saw bersabda,
مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ فِيْ الْيَوْمِ مِئَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ
“barang siapa membaca سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِsetiap hari sebanyak seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan di hapus .


Nabi Saw bersabda,
أَحَبُّ الْكَلَامِ إِلَى اللهِ تَعَالَى أَرْبَعٌ سٌبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ لَا يَضُرُّكَ بِأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ
 “kalam / ucapan yang paling di senagi oleh Allah Swt ada empat, yaitu سُبْحَانَ اللهِ , وَالْحَمْدُ لِلهِ, وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ, وَاللهُ أَكْبَرُ , dan tidak masalah engkau mau memulai dari kalimat yang mana.


            Nabi Muhammad Saw bersabda,
كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيْلَتَانِ فِيْ الْمِيْزَانِ حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ
“ada dua kalimat yang ringan di ucapkan oleh lisan, namun berat di timbangan amal dan di cintai oleh Ar Rahman (Allah), yaitu kalimat سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ.”


Rahasia Keutamaan Dzikir

            Jika engaku bertanya, bagaimana bisa dzikir kepada Allah Swt yang begitu ringan di ucapkan lisan dan tidak ada kesulitan yang berarti untuk melakukannya, namun menjadi sesuatu yang lebih utama dan lebih bermanfaat di banding dengan sejumlah ibadah yang berat untuk di lakukan. Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya untuk menjawab hal ini dengan senyata-nyatanya tidak akan bisa kecuali dengan ilmu Mukasyafah.Namun secara sederhana untuk menjawab hal ini di dalam ilmu Mu’amalah –keseharian- adalah, sesungguhnya sesuatu yang bisa membekas dan bermanfaat adalah selalu berdzikir kepada Allah Swt di sertai hadirnya hati. Sedangkan dzikir dengan lisan saja tanpa menghadirkan hati itu tidak begitu ada manfaatnya.Akan tetapi sesuatu yang lebih di dahulukan daripada ibadah-ibadah yang lainadalah, selalu menghadirkan hati bersama Allah Swt atau di kebanyakan waktu. Bahkan dengan begitulah ibadah-ibadah yang lain menjadi mulia.Dzikirlah yang menjadi puncak dari buahnya ibadah yang di kerjakan.


Dzikir mempunyai permulaan dan akhir. Permulaan dzikir akanmenimbulkan rasa senang dan cinta. Akhirnya juga menimbulkan rasa senang dan cinta, yang mana dzikir itu keluar dari keduanya.Dan memang sesuatu yang di cari adalah rasa senang dan cinta kepada Allah Swt.


Keutaman Do’a

            Allah Swt berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 186 :

Artinya :“dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”


Allah Swt berfirman dalam surat Al A’raaf ayat 55 :

Artinya :“ Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”.
Allah Swt berfirman dalam surat Mu`min ayat 60 :


Artinya :“dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Kuakan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina"”


Allah Swt berfirman dalam surat Al Isra’ ayat 110 :

Artinya :“Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"”


Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda,
الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ
 “do’a adalah otak / inti dari ibadah.


Beliau Nabi Saw bersabda,
سَلُوْا اللهَ تَعَالَى مِنْ فَضْلِهِ فَإِنَّهُ تَعَالَى يُحِبُّ أَنْ يُسْأَلَ وَأَفْضَلُ الْعِبَادَةِ انْتِظَارُ الْفَرَجِ
 “memohonlah kalian semua anugerah dari Allah Ta’ala, karena sesungguhnya Allah Swt senang jika di minta.Ibadah yang paling utama adalah sabar menunggu datangnya kebahagian, jalan keluar dari Allah Swt.

(Sumber : BEKAL DAKWAH AL-GHOZALI jilid 1)

Baca juga artikel kami lainnya :  Ciri Orang Munafik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer