Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa Menjenguk Orang Sakit

Abu Musa ra. berkata, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Tengoklah orang yang sakit, berilah makan orang yang lapar, dan tolonglah orang yang menderita." (HR. Bukhori) Menjenguk orang sakit dapat mengantarkan kita ke surga. Abu Huroiroh ra. memberitakan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Barang siapa menjenguk orang yang sakit, maka akan terdengarlah seruan dari langit: 'Baik sekali perbuatanmu. Baik sekali kunjunganmu. Engkau telah menyediakan suatu tempat tinggal di dalam surga." (HR. Ibnu Majah)

Kepada orang yang sudah sakit parah atau sudah mendekati penjenguk berkewajiban melakukan tiga hal:
1. Menghadapkan ke Kiblat. Abu Qotadah ra. menceritakan, bahwa ketika sampai di Madinah Nabi Muhammad saw. menanyakan seseorang yangbernama Al-Baro bin Ma’ruf. Lalu seseorang menjawab, "Dia sudah meninggal dan mewasiatkan sepertiga hartanya untuk engkau, dan mewasiatkan pula agar ia dihadapkan ke kiblat apabila sakit parah." Rosulullah saw. bersabda, "Perdapatnya benar." (HR Hakim dan Baihaqi)

2. Mengajarkan membaca kalimat tauhid. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Kepada orang yang sakit parah, ajarkanlah olehmu membaca.kalimat Laa ilaaha illallaah." (HR. Muslim dari Abu Huroiroh ra)

3. Bacakanlah surat Yasin. Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Bacakanlah olehmu orang yang sakit parah surat Yasin." (HR. Abu Dawud dan Nasai dari Ma’gol bin Yasar ra.)

DOA MENJENGUK ORANG SAKIT

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً
  
ALLAHUMMA ROBBANNAS ADZHIBILBA' SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFAUKA SYIFA' AN LA YUGHODIRU SAQOMA .
Artinya ;
“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhori Muslim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer