Tugas Nabi Muhammad

Tugas Nabi Muhammad - Tugas Nabi Muhammad Rosulullah Saw

Secara garis besarnya Nabi Muhammad Rosulullah saw. mempunyai tugas meluruskan akidah umat manusia sekaligus memperbaiki akhlaknya.

Berikut kami kemukakan beberapa ayat Al-Qur'an yang menyuratkan tugas-tugas beliau.

1. sebagai rahmat bagi semesta alam, "Dan Kami tidak mengutus engkau (muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi bagi seluruh alam". (QS. 21/Al-Anbiya': 107)

2. bertabligh. "Wahai Rosul, sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu) berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya." (QS. 5/Al-Maidah: 67)

3. menunjuki kepada jalan yang lurus. "Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, yang dengannya Kami memberi petunjuk orang-orang yang Kami kehendaki di antara hamab-hamba Kami. Dan sungguh engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus". (QS. 42/Asy-Syuro: 52) Ayat ini juga menegaskan bahwa sebelum Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi rosul, dia tidak mengetahui tentang isi Kitab-kitab terdahulu, karena itu tidak ada alasan bagi orang-orang kafir menuduhnya sebagai orang yang mengada-ada dalam urusan aqidah dan syari'ah.

4. membawa kebenaran. "Dialah yang mengutus Rosul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar supaya dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi." (QS. 48/ Al-Fath: 28) Ayat ini menyiratkan bahwa dengan kedatangan Islam maka hukum-hukum sebelumnya tidak berlaku lagi dan diganti dengan hukum-hukum Al-Qur'an. Sebab Al-Qur'an juga menerangkan hal-hal yang mereka ada-adakan pada agama-agama terdahulu, sehingga agama yang terjamin kebenarannya adalah agama Islam. Dan tiada lagi agama yang diturunkan Allah setelah Islam. Al-Qur'an itu sendiri dalam pemeliharaan Allah SWT, sehingga tidak berhasil dipalsukan meskipun berulang kali terjadi usaha pemalsuan Al-Qur'an.

5. pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. "Wahai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk menjadi saksi, pembawa kabar gembira dan memberi peringatan, dan untuk menjadi penyeru kepada (agama) Allah dengan izin-Nya dan sebagai cahaya yang menerangi.' (QS. 33/Al-Ahzab: 45-46)

1 komentar:

Contoh Dakwah Islam - Artikel Populer