(Fasal)
menjelaskan qashar dan jama’ sholat.
|
(فَصْلٌ فِيْ قَصْرِ الصَّلَاةِ
وَجَمْعِهَا
|
Diperkenankan
bagi musafir, yaitu orang yang sedang bepergian untuk mengqashar sholat empat
rakaat, bukan yang lainnya yaitu sholat dua rakaat dan tiga rakaat.
|
(وَيَجُوْزُ لِلْمُسَافِرِ) أَيِ
الْمُتَلَبِّسِ بِالسَّفَرِ (قَصْرُ الصَّلَاةِ الرُّبَاعِيَّةِ) لَاغَيْرِهَا مِنْ
ثَنَائِيَّةٍ وَثُلَاثِيَّةٍ
|
Syarat
Qashar Sholat
Diperkenankan
mengqashar sholat dengan lima syarat.
|
وَجَوَازُ
قَصْرِ الصَّلَاةِ الرُّبَاعِيَّةِ (بِخَمْسِ شَرَائِطَ)
|
Yang pertama,
perjalanan yang dilakukannya bukan maksiat.
|
اْلأَوَّلُ
(أَنْ يَكُوْنَ سَفَرُهُ) أَيِ الشَّخْصِ (فِيْ غَيْرِ مَعْصِيَةٍ)
|
Yaitu
mencakup perjalanan wajib seperti untuk melunasi hutang, perjalanan sunnah
seperti untuk silaturrahmi dan perjalanan mubah seperti perjalanan untuk
berdagang.
|
هُوَ شَامِلٌ
لِلْوَاجِبِ كَقَضَاءِ دَيْنٍ وَلِلْمَنْدُوْبِ كَصِلَّةِ الرَّحْمِ وَلِلْمُبَاحِ
كَسَفَرِ تِجَارَةٍ
|
Adapun
perjalanan maksiat seperti perjalanan untuk membegal jalan, maka saat
melakukan perjalanan ini, seseorang tidak diperkenankan melakukan kemurahan
qashar sholat dan jama’.
|
أَمَّا سَفَرُ
الْمَعْصِيَةِ كَسَفَرٍ لِقَطْعِ الطَّرِيْقِ فَلَا يَتَرَخَّصُ فِيْهِ بِقَصْرٍ
وَلَا جَمْعٍ
|
Kedua,
jarak perjalanannya mencapai enam belas farsakh
secara pasti menurut pendapat al ashah. Dan jarak yang ditempuh saat pulang
tidak dihitung.
|
(وَ) الثَّانِيْ (أَنْ تَكُوْنَ
مَسَافَتُهُ) أَيِ السَّفَرِ (سِتَّةَ عَشَرَ فَرْسَخًا) تَحْدِيْدًا فِيْ الْأَصَحِّ
وَلَا تُحْسَبُ مُدَّةُ الرُّجُوْعِ مِنْهَا
|
Satu
farsakh adalah tiga mil. Kalau demikian, maka jumlah seluruh farsakh di atas
adalah empat puluh delapan mil. Satu mil adalah empat ribu jangka kaki. Dan
satu jangka sama dengan tiga telapak kaki. Yang dikehendaki dengan mil adalah
ukuran mil keturuan bani Hasyim.
|
وَالْفَرْسَخُ
ثَلَاثَةُ أَمْيَالٍ وَحِيْنَئِذٍ فَمَجْمُوْعُ الْفَرَاسِخِ ثَمَانِيَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ
مَيْلًا وَالْمَيْلُ أَرْبَعَةُ أَلَافِ خَطْوَةٍ وَالْخَطْوَةُ ثَلَاثَةُ أَقْدَامٍ
وَالْمُرَادُ بِالْأَمْيَالِ الْهَاشِمِيَّةِ
|
Ketiga,
orang yang melakukan qashar adalah orang yang melakukan sholat empat rakaat
secara ada’.
|
(وَ) الثَّالِثُ (أَنْ يَكُوْنَ)
الْقَاصِرُ (مُؤَدِّيًا لِلصَّلَاةِ الرُّبَاعِيَّةِ)
|
Adapun
sholat yang tertinggal saat di rumah, maka tidak diperkenankan diqadla’
secara qashar saat melakukan perjalanan. Sedangkan sholat yang tertinggal diperjalanan,
maka boleh diqadla’ dengan diqashar saat melakukan perjalanan, tidak diqadla’
di rumah.
|
أَمَّا
الْفَائِتَةُ حَضَرًا فَلَا تُقْضَى فِيْهِ مَقْصُوْرَةً وَالْفَائِتَةُ فِي السَّفَرِ
تُقْضَى فِيْهِ مَقْصُوْرَةً لَا فِي الْحَضَرِ
|
Ke
empat, seorang musafir niat melakukan qashar besertaan takbiratul ihram
sholat tersebut.
|
(وَ) الرَّابِعُ (أَنْ يَنْوِيَ)
الْمُسَافِرُ (الْقَصْرَ) لِلصَّلاَةِ (مَعَ الْإِحْرَامِ) بِهَا
|
Ke
lima, orang yang qashar sholat tidak bermakmum di dalam sebagian sholatnya
pada orang muqim, yaitu orang yang melakukan sholat secara sempurna. Pentafsiran
seperti ini (orang yang sholat secara sempurnya) agar mencakup pada seorang
musafir yang melakukan sholat dengan sempurna.
|
(وَ) الْخَامِسُ (أَنْ لَا يَأْتَمَّ)
فِيْ جُزْءٍ مِنْ صَلاَتِهِ (بِمُقِيْمٍ) أَيْ بِمَنْ يُصَلِّيْ صَلَاةً تَامَّةً
لِيَشْمُلَ الْمُسَافِرَ الْمُتِمَّ.
|
Sholat-Sholat
Yang Boleh di Jama’
Bagi
seorang musafir yang melakukan perjalanan jauh yang mubah, diperkenankan menjama’
antara sholat Dhuhur dan Ashar, dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir. Dan
ini adalah makna perkataan mushannif, “di waktu manapun yang ia kehendaki”.
|
(وَيَجُوْزُ لِلْمُسَافِرِ) سَفَرًا
طَوِيْلًا مُبَاحًا (أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ) صَلَاتَيِ (الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ) تَقْدِيْمًا
وَتَأْخِيْرًا وَهُوَ مَعْنَى قَوْلِهِ (فِيْ وَقْتِ أَيِّهِمَا شَاءَ
|
Dan diperkenankan
menjama’ antara sholat Maghrib dan Isya’ dengan jama’ taqdim dan jama’ ta’khir.
Dan ini adalah makna ungkapan mushannif, “di waktu manapun yang ia
kehendaki”.
|
وَ) أَنْ
يَجْمَعَ (بَيْنَ) صَلَاتَيِ (الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ) تَقْدِيْمًا وَتَأْخِيْرًا
وَهُوَ مَعْنَى قَوْلِهِ (فِيْ وَقْتِ أَيِّهِمَا شَاءَ)
|
Syarat
Jama’ Taqdim
Syarat-syarat
jama’ taqdim ada tiga. Yang pertama, di mulai dengan melakukan sholat Dhuhur
sebelum sholat Ashar, dan dengan sholat Maghrib sebelum sholat Isya’.
|
وَشُرُوْطُ
جَمْعِ الْتَقْدِيْمِ ثَلاَثَةٌ الْأَوَّلُ أَنْ يَبْدَأَ بِالظُّهْرِ قَبْلَ الْعَصْرِ
وَبِالْمَغْرِبِ قَبْلَ الْعِشَاءِ
|
Seandainya
dia membalik, seperti memulai dengan sholat Ashar sebelum melakukan sholat
Dhuhur, maka tidak sah dan dia harus mengulangi sholat Ashar setelah
melakukan sholat Dhuhur jika ingin melakukan sholat jama’.
|
فَلَوْ عَكَسَ
كَأَنْ بَدَأَ بِالْعَصْرِ قَبْلَ الظُّهْرِ مَثَلًا لَمْ يَصِحَّ وَيُعْيِدُهَا
بَعْدَهَا إِنْ أَرَادَ الْجَمْعَ
|
Kedua,
melakukan niat jama’ di permulaan sholat yang pertama, yaitu membarengkan
niat jama’ dengan takbiratul ihramnya.
|
وَالثَّانِيْ
نِيَةُ الْجَمْعِ أَوَّلَ الصَّلَاةِ الْأُوْلَى بِأَنْ تَقْتَرِنَ نِيَةُ الْجَمْعِ
بِتَحَرُّمِهَا
|
Sehingga
tidak cukup jika mendahulukan niat jama’ sebelum takbiratul ihram dan
mengakhirkan hingga setelah melakukan salam dari sholat yang pertama. Namun diperkenankan
melakukan niat jama’ di pertengahan sholat pertama menurut pendapat al
adhhar.
|
فَلَا يَكْفِيْ
تَقْدِيْمُهَا عَلَى التَّحْرِيْمِ وَلَا تَأْخِيْرُهَا عَنِ السَّلَامَ مِنَ الْأُوْلَى
وَتَجُوْزُ فِيْ أَثْنَائِهَا عَلَى الْأَظْهَرِ
|
Ke
tiga, muwallah (terus menerus) antara pelaksanaan sholat pertama dan sholat
yang kedua, dengan arti tidak ada pemisah yang relatif lama di antara
keduannya.
|
وَالثَّالِثُ
الْمُوَالَاةُ بَيْنَ الْأُوْلَى وَالثَّانِيَةِ بِأَنْ لَا يَطُوْلَ الْفَصْلُ
بَيْنَهُمَا
|
Jika ada
pemisah yang relatif panjang/lama, walaupun sebab udzur seperti tidur, maka
wajib menunda pelaksanaan sholat ke dua hingga masuk waktunya.
|
فَإِنْ طَالَ
عُرْفًا وَلَوْ بِعُذْرٍ كَنَوْمٍ وَجَبَ تَأْخِيْرُ الصَّلَاةِ الثَّانِيَةِ إِلَى
وَقْتِهَا
|
Pemisah
yang relatif sebentar / pendek tidak berpengaruh di dalam muwallah antara dua
sholat tersebut.
|
وَلَا يَضُرُّ
فِي الْمُوَالَاةِ بَيْنَهُمَا فَصْلٌ يَسِيْرٌ عُرْفًا
|
Syarat
Jama’ Ta’khir
Adapun
jama’ ta’khir, maka di dalam pelaksanaannya wajib untuk niat jama’ dan niat
tersebut harus dilakukan di dalam waktunya sholat yang pertama.
|
وَأَمَّا
جَمْعُ التَّأْخِيْرِ فَيَجِبُ فِيْهِ أَنْ يَكُوْنَ بِنِيَّةِ الْجَمْعِ وَتَكُوْنُ
النِّيَّةُ هَذِهِ فِيْ وَقْتِ الْأُوْلَى
|
Boleh
mengakhirkan niat hingga waktu sholat yang pertama masih tersisa masa yang
seandainya sholat tersebut dilakukan saat itu niscaya akan menjadi sholat ada’.
|
وَيَجُوْزُ
تَأْخِيْرُهَا إِلَى أَنْ يَبْقَى مِنْ وَقْتِ الْأُوْلَى زَمَنٌ لَوِ ابْتُدِئَتْ
فِيْهِ كَانَتْ أَدَاءً
|
Di
dalam jama’ ta’khir tidak wajib melaksanakan secara tertib, muwallah dan
tidak harus niat jama’, menurut pendapat ash shahih di dalam tiga hal ini.
|
وَلَا يَجِبُ
فِيْ جَمْعِ التَّأْخِيْرِ تَرْتِيْبٌ وَلَا مُوَالَاةٌ وَلَا نِيَّةُ جَمْعٍ عَلَى
الصَّحِيْحِ فِي الثَّلَاثَةِ
|
Sholat
Jama’ Sebab Hujan
Di
waktu hujan, bagi orang yang muqim diperkenankan melakukan sholat jama’
antara keduanya, maksudnya antara sholat Dhuhur dan Ashar, dan antara sholat
Maghirb dan Isya’, tidak di waktu sholat yang kedua, bahkan di waktu sholat
yang pertama dari keduanya, jika air hujan bisa membasahi pakaian bagian teratas
dan bagian sandal yang paling bawah, dan juga memenuhi syarat-syarat yang
telah disebutkan di dalam sholat jama’ taqdim.
|
(وَيَجُوْزُ لِلْحَاضِرِ) أَيِ
الْمُقِيْمِ (فِيْ) وَقْتِ (الْمَطَرِ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَهُمَا) أَيِ الظُّهْرِ
وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ لَا فِيْ وَقْتِ الثَّانِيَةِ بَلْ (فِيْ
وَقْتِ الْأُوْلَى مِنْهُمَا) إِنْ بَلَّ الْمَطَرُ أَعْلَى الثَّوْبِ وَأَسْفَلَ
النَّعْلِ وَوُجِدَتِ الشُّرُوْطُ السَّابِقَةُ فِيْ جَمْعِ التَّقْدِيْمِ
|
Juga
disyaratkan harus turun hujan saat permulaan melakukan dua sholat tersebut.
|
وَيُشْتَرَطُ
أَيْضًا وُجُوْدُ الْمَطَرِ فِيْ أَوَّلِ الصَّلَاتَيْنِ
|
Tidak
cukup hanya turun hujan di pertengahan sholat pertama dari keduanya.
|
وَلَا يَكْفِيْ
وُجُوْدُهُ فِيْ أَثْنَاءِ الْأُوْلَى مِنْهُمَا
|
Juga disyaratkan
harus turun hujan saat melakukan salam dari sholat yang pertama, baik setelah
itu hujan terus turun ataupun tidak.
|
وَيُشْتَرَطُ
أَيْضًا وُجُوْدُهُ عِنْدَ السَّلَامِ مِنَ الْأُوْلَى سَوَاءٌ اسْتَمَرَّ الْمَطَرُ
بَعْدَ ذَلِكَ أَمْ لاَ
|
Kemurahan
melakukan jama’ sebab hujan hanya tertentu bagi orang yang sholat berjama’ah
di masjid atau tempat-tempat sholat berjama’ah lainnya yang jaraknya jauh menurut
ukuran ‘urf, dan ia merasa berat /
kesulitan untuk berangkat ke masjid atau tempat-tempat sholat berjamaah
lainnya sebab kehujanan di perjalanannya.
|
وَتَخْتَصُّ
رُخْصَةُ الْجَمْعِ بِالْمَطَرِ بِالْمُصَلِّيْ فِيْ جَمَاعَةٍ بِمَسْجِدٍ أَوْ
غَيْرِهِ مِنْ مَوَاضِعِ الْجَمَاعَةِ بَعِيْدٍ عُرْفًا وَيَتَأَذَّى الذَّاهِبُ
لِلْمَسْجِدِ أَوْ غَيْرِهِ مِنْ مَوَاضِعِ الْجَمَاعَةِ بِالْمَطَرِ فِيْ طَرِيْقِهِ.
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Tugas Malaikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar