| 
Kesunahan-kesunahan sebelum
  pelaksanaan sholat ada dua perkara. | 
(وَ) الصَّلَاةُ (سُنَنُهَا قَبْلَ
  الدُّخُوْلِ فِيْهَا شَيْئآنِ | 
| 
Yang pertama, adzan. Secara bahasa adzan
  berarti memberitahu. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu guna
  memberitahu masuknya waktu sholat fardlu. | 
الْأَذَانُ)
  وَهُوَ لُغَةً الْإِعْلَامُ وَشَرْعًا ذِكْرٌ مَخْصُوْصٌ لِلْإِعْلَامِ بِدُخُوْلِ
  وَقْتِ صَلَاةٍ مَفْرُوْضَةٍ | 
| 
Lafadz-lafadz adzan dibaca
  dua kali kecuali lafadz takbir di permulannya maka dibaca empat kali, dan
  kecuali lafadz tauhid di akhir adzan, maka dibaca satu kali. | 
وَأَلْفَاظُهُ
  مَثْنَى إِلَّا التَّكْبِيْرَ أَوَّلَهُ فَأَرْبَعٌ وَإِلَّا التَّوْحِيْدَ آخِرَهُ
  فَوَاحِدٌ | 
| 
Dan yang kedua adalah
  iqamah. Iqamah adalah bentuk masdar dari fi’il madli aqama. Kemudian dijadikan nama sebuah dzikiran tertentu. Karena
  sesungguhnya dzikiran tersebut digunakan untuk mendirikan sholat. | 
(وَالْإَقَامَةُ) وَهُوَ مَصْدَرُ
  أَقَامَ ثُمَّ سُمِّيَ بِهِ الذِّكْرُ الْمَخْصُوْصُ لِأَنَّهُ يُقِيْمُ إِلَى الصَّلَاةِ | 
| 
Masing-masing dari adzan dan
  iqamah hanya disyareatkan / dilakukan untuk sholat fardlu.
  Sedangkan sholat yang lain, maka di kumandangkan dengan
  bahasa “as shalatu jami’ah”. | 
وَإِنَّمَا
  يُشْرَعُ كُلٌّ مِنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ لِلْمَكْتُوْبَةِ وَأَمَّا غَيْرُهَا
  فَيُنَادَى لَهَا الصَّلَاةُ جَامِعَةً | 
Kesunahan Setelah Masuk Sholat
| 
Kesunahan-kesunahan di dalam
  sholat ada dua perkara, yaitu tasyahud awal dan qunut di dalam sholat Shubuh,
  yaitu saat i’tidal rakaat kedua dari sholat Subuh. | 
(وَ) سُنَنُهَا (بَعْدَ الدُّخُوْلِ
  فِيْهَا شَيْئآنِ التَّشَهُّدُ الْأَوَّلُ وَالْقُنُوْتُ فِي الصُّبْحِ) أَيْ فِي
  اعْتِدَالِ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِنْهُ | 
| 
Secara
  bahasa qunut bermakna do’a. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu, yaitu 
اللهم اهْدِنِي
  فَيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ إِلَخْ. | 
وَهُوَ لُغَةً
  الدُّعَاءُ وَشَرْعًا ذِكْرٌ مَخْصُوْصٌ وَهُوَ اللهم اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
  وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ إِلَخْ. | 
| 
Dan qunut di akhir sholat
  witir pada separuh bulan kedua dari bulan Romadlon. | 
(وَ) الْقُنُوْتُ (فِيْ) آخِرِ
  (الْوِتْرِ فِيْ النِّصْفِ الثَّانِيْ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ) | 
| 
Qunut di dalam sholat witir
  ini sama seperti qunutnya sholat Subuh yang sebelumnya di dalam tempat dan
  lafadznya. | 
وَهُوَ كَقُنُوْتِ
  الصُّبْحِ الْمُتَقَدِّمِ فِيْ مَحَلِّهِ وَلَفْظِهِ | 
| 
Qunut tidak harus
  menggunakan kalimat-kalimat qunut yang telah dijelaskan di atas. Sehingga,
  seandainya seseorang melakukan qunut dengan membaca ayat Al Qur’an yang
  mengandung doa dan ditujukan untuk qunut, maka kesunahan qunut sudah hasil. | 
وَلَا تَتَعَيَّنُ
  كَلِمَاتُ الْقُنُوْتِ السَّابِقَةُ فَلَوْ قَنَتَ بِأَيَةٍ تَتَضَمَّنُ دُعَاءً
  وَقَصَدَ الْقُنُوْتَ حَصَلَتْ سُنَّةُ الْقُنُوْتِ.   | 
Sunnah
Haiat
| 
Sunnah haiat-nya sholat ada lima belas perkara. Yang dikehendaki dengan haiat ialah bukan rukun dan bukan
  sunnah ab’adl yang diganti dengan sujud sahwi -ketika
  ditinggalkan-. | 
(وَهَيْئآتُهَا) أَيِ الصَّلَاةِ
  وَأَرَادَ بِهَيْئآتِهَا مَا لَيْسَ رُكْنًا فِيْهَا وَلَا بَعْضًا يُجْبَرُ بِسُجُوْدِ
  السَّهْوِ (خَمْسَةَ عَشَرَ خَصْلَةً | 
| 
Yaitu mengangkat kedua
  tangan saat takbiratul ihram hingga sejajar dengan kedua pundak. | 
رَفْعُ
  الْيَدَّيْنِ عِنْدَ تَكْبِيْرَةِ الْإِحْرَامِ) إِلَى حَذْوِ مَنْكِبَيْهِ | 
| 
Dan mengangkat kedua tangan ketika hendak
  dan bangun dari ruku’. | 
(وَ) رَفْعُ الْيَدَّيْنِ (عِنْدَ
  الرُّكُوْعِ) وَعِنْدَ (الرَّفْعِ مِنْهُ | 
| 
Meletakkan tangan kanan di
  atas tangan kiri. Dan keduanya berada di bawah dada dan di atas pusar. | 
وَوَضْعُ
  الْيَمْيِنِ عَلَى الشِّمَالِ) وَيَكُوْنَانِ تَحْتَ صَدْرِهِ وَفَوْقَ سُرَّتِهِ | 
| 
Do’a tawajjuh, maksudnya ucapan orang yang sholat setelah takbiratul
  ihram yang berbunyi,  
"وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ
  فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ الَخ" | 
(وَالتَّوَجُّهُ) أَيْ قَوْلُ
  الْمُصَلِّيْ عَقِبَ التَّحْرِيْمِ "وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ
  السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ الَخ". | 
| 
 Yang dikehendaki adalah setelah takbiratul
  ihram, orang yang sholat membaca doa iftitah, baik ayat di atas ini atau yang
  lainnya dari bentuk-bentuk doa istiftah yang datang dari Rosulullah Saw. | 
وَالْمُرَادُ
  أَنْ يَقُوْلَ الْمُصَلِّيْ بَعْدَ التَّحَرُّمِ دُعَاءَ الْاِفْتِتَاحِ هَذِهِ
  الْآيَةَ أَوْ غَيْرَهَا مِمَّا وَرَدَ فِيْ الْاِسْتِفْتَاحِ | 
| 
Membaca isti’adzah (ta’awudz) setelah membaca doa tawajjuh. | 
(وَالْاِسْتِعَاذَةُ) بَعْدَ
  التَّوَجُّهِ | 
| 
Kesunnah isti’adzah sudah bisa hasil dengan
  setiap lafadz yang mengandung ta’awudz (memohon perlindungan Allah). | 
وَتَحْصُلُ
  بِكُلِّ لَفْظٍ يَشْتَمِلُ عَلَى التَّعَوُّذِ | 
| 
Dan do’a ta’awudz yang paling utama adalah, 
"أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ
  الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ" 
“aku
  berlindung kepada Allah dari godaan syetan yagn terkutuk.” | 
وَالْأَفْضَلُ
  "أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ" | 
| 
Mengeraskan suara di
  tempatnya, yaitu di dalam sholat Subuh, dua rakaat pertama sholat Maghrib dan
  Isyat, sholat Jum’at dan dua sholat hari raya. | 
(وَالْجَهْرُ فِيْ مَوْضِعِهِ)
  وَهُوَ الصُّبْحُ وَأُوْلَتَا الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَالْجُمُعَةُ وَالْعِيْدَانِ | 
| 
Memelankan suara di
  tempatnya, yaitu di selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. | 
(وَالْإِسْرَارُ فِيْ مَوْضِعِهِ)
  وَهُوَ مَا عَدَا الَّذِيْ ذُكِرَ | 
| 
Ta’min yaitu ucapan “amin” setelah selesai membaca surat Al
  Fatihah bagi yang membacanya di dalam sholat dan selainya, akan tetapi di
  dalam sholat lebih dianjurkan. | 
(وَالتَّأْمِيْنُ) أَيْ قَوْلُ
  آمِيْنَ عَقِبَ الْفَاتِحَةِ لِقَارِئِهَا فِيْ صَلَاةٍ وَغَيْرِهَا لَكِنْ فِي
  الصَّلَاةِ آكَدُ | 
| 
Seorang makmum sunnah
  membaca “amin” berbarengan dengan bacaan “amin” imamnya dengan mengeraskan
  suara. | 
وَيُؤَمِّنُ
  الْمَأْمُوْمُ مَعَ تَأْمِيْنِ إِمَامِهِ وَيَجْهَرُ بِهِ.  | 
| 
Membaca surat setelah
  membaca surat Al Fatihah bagi seorang imam atau orang yang sholat sendiri di
  dalam dua rakaatnya sholat Subuh dan dua rakaat pertamanya sholat yang lain. | 
(وَقِرَاءَةُ السُّوْرَةِ بَعْدَ
  الْفَاتِحَةِ) لِإِمَامٍ وَمُنْفَرِدٍ فِيْ رَكْعَتَيِ الصُّبْحِ وَأُوْلَتَيْ غَيْرِهَا | 
| 
Membaca surat itu dilakukan
  setelah membaca surat Al Fatihah. Sehingga, seandainya seseorang mendahulukan
  membaca surat sebelum membaca Al Fatihah, maka bacaan suratnya tidak dianggap. | 
وَتَكُوْنُ
  قِرَاءَةُ السُّوْرَةِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ فَلَوْ قَدَّمَ السُّوْرَةَ عَلَيْهَا
  لَمْ تُحْسَبْ | 
| 
Bacaan
  takbir saat turun ke posisi ruku’. | 
(وَالتَّكْبِيْرَاتُ عِنْدَ الْخَفْضِ)
  لِلرَّكُوْعِ | 
| 
Dan
  saat mengangkat, maksudnya mengangkat punggung dari posisi ruku’. | 
(وَالرَّفْعِ) أَيْ رَفْعِ الصُّلْبِ
  مِنَ الرَّكُوْعِ | 
| 
Bacaan
  “سَمِعَ اللهُ
  لِمَن حَمِدَهُ” ketika mengangkat kepala dari ruku’. | 
(وَقَوْلُ سَمِعَ اللهُ لِمَن
  حَمِدَهُ) حَيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكُوْعِ | 
| 
Dan
  seandainya seorang yang sholat mengucapkanمَنْ حَمَدَ اللهَ سَمِعَ لَهُ"” “barang siapa memuji Allah, maka
  semoga Allah mendengar pujiannya”, maka sudah mencukupi. | 
وَلَوْ قَالَ
  "مَنْ حَمِدَ اللهَ سَمِعَ لَهُ" كَفَى | 
| 
Makna “سَمِعَ اللهُ
  لِمَن حَمِدَهُ” adalah semoga Allah menerima pujian darinya dan
  memberi balasan atas pujiannya. | 
وَمَعْنَى
  سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَ "تَقَبَّلَ اللهُ مِنْهُ حَمْدَهُ وَجَازَاهُ عَلَيْهِ" | 
| 
Ucapan musholi (orang yang
  sholat) “رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ “ ketika sudah berdiri tegap. | 
وَقَوْلُ
  الْمُصَلِّيْ (رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ) إِذَا انْتَصَبَ قَائِمًا | 
| 
Membaca tasbih di dalam
  ruku’. Minimal sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah "سُبْحَانَ
  رَبِّيَ الْعَظِيْمِ" tiga
  kali. | 
(وَالتَّسْبِيْحُ فِيْ الرَّكُوْعِ)
  وَأَدَنَى الْكَمَالِ فِيْ هَذَا التَّسْبِيْحِ "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ"
  ثَلَاثًا | 
| 
Membaca tasbih di dalam sujud. Minimal
  sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى" tiga kali. | 
(وَ) التَّسْبِيْحُ فِيْ (السُّجُوْدِ)
  وَأَدْنَى الْكَمَالِ فِيْهِ "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى" ثَلَاثًا | 
| 
Untuk
  dzikiran yang
  paling sempurna di dalam bacaan tasbih saat ruku’ dan sujud sudah mashur. | 
وَالْأَكْمَلُ
  فِيْ تَسْبِيْحِ الرَّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ مَشْهُوْرٌ | 
| 
Meletakkan kedua tangan di
  atas kedua
  paha saat duduk tasyahud awal dan akhir. | 
(وَوَضْعُ الْيَدَّيْنِ عَلَى
  الْفَخْذَيْنِ فِيْ الْجُلُوْسِ) لِلتَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ وَالْأَخِيْرِ | 
| 
Dengan membuka tangan kiri
  sekira ujung jemarinya sejajar dengan lutut. | 
(يَبْسُطُ) الْيَدَّ (الْيُسْرَى)
  بِحَيْثُ تُسَامِتُ رُؤُسُ أَصَابِعِهَا الرُّكْبَةَ | 
| 
Dan menggenggam tangan
  kanan, maksudnya jemarinya, kecuali jari telunjuk tangan kanan. | 
(وَيَقْبِضُ) الْيَدَّ (الْيُمْنَى)
  أَيْ أَصَابِعَهَا (إِلَّا الْمُسَبِّحَةَ) مِنَ الْيُمْنَى | 
| 
Maka ia tidak
  menggenggamnya, karena sesungguhnya ia akan menggunakannya untuk isyarah,
  mengangkatnya saat mengucapkan tasyahud, yaitu ketika mengucapkan kalimat "إِلَّا اللهُ". | 
فَلَا يَقْبِضُهَا
  (فَإِنَّهُ يُشِيْرُ بِهَا) رَافِعًا لَهَا حَالَ كَوْنِهِ (مُتَشَهِّدًا) وَذَلِكَ
  عِنْدَ قَوْلِ "إِلَّا اللهُ" | 
| 
Dan hendaknya ia tidak
  menggerak-gerakan jari telunjuknya. Jika ia menggerak-gerakannya, maka
  hukumnya makruh dan sholatnya tidak sampai batal menurut pendapat al ashah. | 
وَلَا يُحَرِّكُهَا
  فَإِنْ حَرَّكَهَا كُرِهَ وَلَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ فِي الْأَصَحِّ. | 
| 
Dan sunnah melakukan duduk iftirasy pada semua posisi duduk yang dilakukan
  di dalam sholat, seperti duduk istirahah,
  duduk di antara dua sujud dan duduk tasyahud awal. | 
(وَالْاِفْتَرَاشُ فِيْ جَمِيْعِ
  الْجَلَسَاتِ) الْوَاقِعَةِ فِي الصَّلَاةِ كَجُلُوْسِ الْاِسْتِرَاحَةِ وَالْجُلُوْسِ
  بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ وَجُلُوْسِ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ | 
| 
Iftirasy adalah seseorang menduduki
  mata kaki kirinya, memposisikan punggung kaki kirinya pada lantai, menegakkan
  telapak kaki kanan, dan memposisikan jemari kaki kanannya menempel pada
  lantai dan menghadap ke kiblat. | 
وَالْاِفْتِرَاشُ
  أَنْ يَجْلِسَ الشَّخْصُ عَلَى كَعْبِ الْيُسْرَى جَاعِلًا ظَاهِرَهَا لِلْأَرْضِ
  وَيَنْصِبَ قَدَمَهُ الْيُمْنَى وَيَضَعُ بِالْأَرْضِ أَطْرَافَ أَصَابِعِهَا لِجِهَةِ
  الْقِبْلَةِ | 
| 
Dan sunnah duduk tawarruk saat duduk terakhir dari
  duduk-duduk di dalam sholat, yaitu duduk tasyahud akhir. | 
(وَالتَّوَرُّكُ فِي الْجَلسَةِ
  الْأَخِيْرَةِ) مِنْ جَلَسَاتِ الصَّلَاةِ وَهِيْ جُلُوْسُ التَّشَهُّدِ الْأَخِيْرِ | 
| 
Tawarruk sama dengan posisi duduk iftirasy, hanya saja di samping
  menetapi posisi iftirasy, mushali
  mengeluarkan kaki kirinya melalui arah bawah kaki kanannya dan menempelkan
  pantatnya ke lantai. | 
وَالتَّوَرُّكُ
  مِثْلُ الْاِفْتِرَاشِ إِلَّا أَنَّ الْمُصَلِّيَ يُخْرِجُ يَسَارَهُ عَلَى هَيْئَتِهَا
  فِي الْاِفْتِرَاشِ مِنْ جِهَةِ يَمِيْنِهِ وَيُلْصِقُ وَرَكَهُ بِالْأَرْضِ | 
| 
Adapun makmum masbuq dan
  orang yang lupa, maka dia disunnahkan melakkan duduk iftirasy, tidak duduk tawarruk. | 
أَمَّا
  الْمَسْبُوْقُ وَالسَّاهِيْ فَيَفْتَرِشَانِ وَلَا يَتَوَرَّكَانِ | 
| 
Dan sunnah mengucapkan salam
  kedua. Adapun salam yang pertama, maka sudah dijelaskan bahwa sesungguhnya
  termasuk dari rukun-rukunnya sholat. | 
(وَالتَّسْلِيْمَةُ الثَّانِيَةُ)
  أَمَّا الْأَوْلَى فَسَبَقَ أَنَّهَا مِنْ أَرْكَانِ الصَّلَاةِ. | 
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Tugas Malaikat
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar