Kesunahan-kesunahan sebelum
pelaksanaan sholat ada dua perkara.
|
(وَ) الصَّلَاةُ (سُنَنُهَا قَبْلَ
الدُّخُوْلِ فِيْهَا شَيْئآنِ
|
Yang pertama, adzan. Secara bahasa adzan
berarti memberitahu. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu guna
memberitahu masuknya waktu sholat fardlu.
|
الْأَذَانُ)
وَهُوَ لُغَةً الْإِعْلَامُ وَشَرْعًا ذِكْرٌ مَخْصُوْصٌ لِلْإِعْلَامِ بِدُخُوْلِ
وَقْتِ صَلَاةٍ مَفْرُوْضَةٍ
|
Lafadz-lafadz adzan dibaca
dua kali kecuali lafadz takbir di permulannya maka dibaca empat kali, dan
kecuali lafadz tauhid di akhir adzan, maka dibaca satu kali.
|
وَأَلْفَاظُهُ
مَثْنَى إِلَّا التَّكْبِيْرَ أَوَّلَهُ فَأَرْبَعٌ وَإِلَّا التَّوْحِيْدَ آخِرَهُ
فَوَاحِدٌ
|
Dan yang kedua adalah
iqamah. Iqamah adalah bentuk masdar dari fi’il madli aqama. Kemudian dijadikan nama sebuah dzikiran tertentu. Karena
sesungguhnya dzikiran tersebut digunakan untuk mendirikan sholat.
|
(وَالْإَقَامَةُ) وَهُوَ مَصْدَرُ
أَقَامَ ثُمَّ سُمِّيَ بِهِ الذِّكْرُ الْمَخْصُوْصُ لِأَنَّهُ يُقِيْمُ إِلَى الصَّلَاةِ
|
Masing-masing dari adzan dan
iqamah hanya disyareatkan / dilakukan untuk sholat fardlu.
Sedangkan sholat yang lain, maka di kumandangkan dengan
bahasa “as shalatu jami’ah”.
|
وَإِنَّمَا
يُشْرَعُ كُلٌّ مِنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ لِلْمَكْتُوْبَةِ وَأَمَّا غَيْرُهَا
فَيُنَادَى لَهَا الصَّلَاةُ جَامِعَةً
|
Kesunahan Setelah Masuk Sholat
Kesunahan-kesunahan di dalam
sholat ada dua perkara, yaitu tasyahud awal dan qunut di dalam sholat Shubuh,
yaitu saat i’tidal rakaat kedua dari sholat Subuh.
|
(وَ) سُنَنُهَا (بَعْدَ الدُّخُوْلِ
فِيْهَا شَيْئآنِ التَّشَهُّدُ الْأَوَّلُ وَالْقُنُوْتُ فِي الصُّبْحِ) أَيْ فِي
اعْتِدَالِ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ مِنْهُ
|
Secara
bahasa qunut bermakna do’a. Dan secara syara’ adalah dzikiran tertentu, yaitu
اللهم اهْدِنِي
فَيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ إِلَخْ.
|
وَهُوَ لُغَةً
الدُّعَاءُ وَشَرْعًا ذِكْرٌ مَخْصُوْصٌ وَهُوَ اللهم اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ
وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ إِلَخْ.
|
Dan qunut di akhir sholat
witir pada separuh bulan kedua dari bulan Romadlon.
|
(وَ) الْقُنُوْتُ (فِيْ) آخِرِ
(الْوِتْرِ فِيْ النِّصْفِ الثَّانِيْ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ)
|
Qunut di dalam sholat witir
ini sama seperti qunutnya sholat Subuh yang sebelumnya di dalam tempat dan
lafadznya.
|
وَهُوَ كَقُنُوْتِ
الصُّبْحِ الْمُتَقَدِّمِ فِيْ مَحَلِّهِ وَلَفْظِهِ
|
Qunut tidak harus
menggunakan kalimat-kalimat qunut yang telah dijelaskan di atas. Sehingga,
seandainya seseorang melakukan qunut dengan membaca ayat Al Qur’an yang
mengandung doa dan ditujukan untuk qunut, maka kesunahan qunut sudah hasil.
|
وَلَا تَتَعَيَّنُ
كَلِمَاتُ الْقُنُوْتِ السَّابِقَةُ فَلَوْ قَنَتَ بِأَيَةٍ تَتَضَمَّنُ دُعَاءً
وَقَصَدَ الْقُنُوْتَ حَصَلَتْ سُنَّةُ الْقُنُوْتِ.
|
Sunnah
Haiat
Sunnah haiat-nya sholat ada lima belas perkara. Yang dikehendaki dengan haiat ialah bukan rukun dan bukan
sunnah ab’adl yang diganti dengan sujud sahwi -ketika
ditinggalkan-.
|
(وَهَيْئآتُهَا) أَيِ الصَّلَاةِ
وَأَرَادَ بِهَيْئآتِهَا مَا لَيْسَ رُكْنًا فِيْهَا وَلَا بَعْضًا يُجْبَرُ بِسُجُوْدِ
السَّهْوِ (خَمْسَةَ عَشَرَ خَصْلَةً
|
Yaitu mengangkat kedua
tangan saat takbiratul ihram hingga sejajar dengan kedua pundak.
|
رَفْعُ
الْيَدَّيْنِ عِنْدَ تَكْبِيْرَةِ الْإِحْرَامِ) إِلَى حَذْوِ مَنْكِبَيْهِ
|
Dan mengangkat kedua tangan ketika hendak
dan bangun dari ruku’.
|
(وَ) رَفْعُ الْيَدَّيْنِ (عِنْدَ
الرُّكُوْعِ) وَعِنْدَ (الرَّفْعِ مِنْهُ
|
Meletakkan tangan kanan di
atas tangan kiri. Dan keduanya berada di bawah dada dan di atas pusar.
|
وَوَضْعُ
الْيَمْيِنِ عَلَى الشِّمَالِ) وَيَكُوْنَانِ تَحْتَ صَدْرِهِ وَفَوْقَ سُرَّتِهِ
|
Do’a tawajjuh, maksudnya ucapan orang yang sholat setelah takbiratul
ihram yang berbunyi,
"وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ
فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ الَخ"
|
(وَالتَّوَجُّهُ) أَيْ قَوْلُ
الْمُصَلِّيْ عَقِبَ التَّحْرِيْمِ "وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ
السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ الَخ".
|
Yang dikehendaki adalah setelah takbiratul
ihram, orang yang sholat membaca doa iftitah, baik ayat di atas ini atau yang
lainnya dari bentuk-bentuk doa istiftah yang datang dari Rosulullah Saw.
|
وَالْمُرَادُ
أَنْ يَقُوْلَ الْمُصَلِّيْ بَعْدَ التَّحَرُّمِ دُعَاءَ الْاِفْتِتَاحِ هَذِهِ
الْآيَةَ أَوْ غَيْرَهَا مِمَّا وَرَدَ فِيْ الْاِسْتِفْتَاحِ
|
Membaca isti’adzah (ta’awudz) setelah membaca doa tawajjuh.
|
(وَالْاِسْتِعَاذَةُ) بَعْدَ
التَّوَجُّهِ
|
Kesunnah isti’adzah sudah bisa hasil dengan
setiap lafadz yang mengandung ta’awudz (memohon perlindungan Allah).
|
وَتَحْصُلُ
بِكُلِّ لَفْظٍ يَشْتَمِلُ عَلَى التَّعَوُّذِ
|
Dan do’a ta’awudz yang paling utama adalah,
"أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ
الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ"
“aku
berlindung kepada Allah dari godaan syetan yagn terkutuk.”
|
وَالْأَفْضَلُ
"أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ"
|
Mengeraskan suara di
tempatnya, yaitu di dalam sholat Subuh, dua rakaat pertama sholat Maghrib dan
Isyat, sholat Jum’at dan dua sholat hari raya.
|
(وَالْجَهْرُ فِيْ مَوْضِعِهِ)
وَهُوَ الصُّبْحُ وَأُوْلَتَا الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ وَالْجُمُعَةُ وَالْعِيْدَانِ
|
Memelankan suara di
tempatnya, yaitu di selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas.
|
(وَالْإِسْرَارُ فِيْ مَوْضِعِهِ)
وَهُوَ مَا عَدَا الَّذِيْ ذُكِرَ
|
Ta’min yaitu ucapan “amin” setelah selesai membaca surat Al
Fatihah bagi yang membacanya di dalam sholat dan selainya, akan tetapi di
dalam sholat lebih dianjurkan.
|
(وَالتَّأْمِيْنُ) أَيْ قَوْلُ
آمِيْنَ عَقِبَ الْفَاتِحَةِ لِقَارِئِهَا فِيْ صَلَاةٍ وَغَيْرِهَا لَكِنْ فِي
الصَّلَاةِ آكَدُ
|
Seorang makmum sunnah
membaca “amin” berbarengan dengan bacaan “amin” imamnya dengan mengeraskan
suara.
|
وَيُؤَمِّنُ
الْمَأْمُوْمُ مَعَ تَأْمِيْنِ إِمَامِهِ وَيَجْهَرُ بِهِ.
|
Membaca surat setelah
membaca surat Al Fatihah bagi seorang imam atau orang yang sholat sendiri di
dalam dua rakaatnya sholat Subuh dan dua rakaat pertamanya sholat yang lain.
|
(وَقِرَاءَةُ السُّوْرَةِ بَعْدَ
الْفَاتِحَةِ) لِإِمَامٍ وَمُنْفَرِدٍ فِيْ رَكْعَتَيِ الصُّبْحِ وَأُوْلَتَيْ غَيْرِهَا
|
Membaca surat itu dilakukan
setelah membaca surat Al Fatihah. Sehingga, seandainya seseorang mendahulukan
membaca surat sebelum membaca Al Fatihah, maka bacaan suratnya tidak dianggap.
|
وَتَكُوْنُ
قِرَاءَةُ السُّوْرَةِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ فَلَوْ قَدَّمَ السُّوْرَةَ عَلَيْهَا
لَمْ تُحْسَبْ
|
Bacaan
takbir saat turun ke posisi ruku’.
|
(وَالتَّكْبِيْرَاتُ عِنْدَ الْخَفْضِ)
لِلرَّكُوْعِ
|
Dan
saat mengangkat, maksudnya mengangkat punggung dari posisi ruku’.
|
(وَالرَّفْعِ) أَيْ رَفْعِ الصُّلْبِ
مِنَ الرَّكُوْعِ
|
Bacaan
“سَمِعَ اللهُ
لِمَن حَمِدَهُ” ketika mengangkat kepala dari ruku’.
|
(وَقَوْلُ سَمِعَ اللهُ لِمَن
حَمِدَهُ) حَيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكُوْعِ
|
Dan
seandainya seorang yang sholat mengucapkanمَنْ حَمَدَ اللهَ سَمِعَ لَهُ"” “barang siapa memuji Allah, maka
semoga Allah mendengar pujiannya”, maka sudah mencukupi.
|
وَلَوْ قَالَ
"مَنْ حَمِدَ اللهَ سَمِعَ لَهُ" كَفَى
|
Makna “سَمِعَ اللهُ
لِمَن حَمِدَهُ” adalah semoga Allah menerima pujian darinya dan
memberi balasan atas pujiannya.
|
وَمَعْنَى
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَ "تَقَبَّلَ اللهُ مِنْهُ حَمْدَهُ وَجَازَاهُ عَلَيْهِ"
|
Ucapan musholi (orang yang
sholat) “رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ “ ketika sudah berdiri tegap.
|
وَقَوْلُ
الْمُصَلِّيْ (رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ) إِذَا انْتَصَبَ قَائِمًا
|
Membaca tasbih di dalam
ruku’. Minimal sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah "سُبْحَانَ
رَبِّيَ الْعَظِيْمِ" tiga
kali.
|
(وَالتَّسْبِيْحُ فِيْ الرَّكُوْعِ)
وَأَدَنَى الْكَمَالِ فِيْ هَذَا التَّسْبِيْحِ "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ"
ثَلَاثًا
|
Membaca tasbih di dalam sujud. Minimal
sempurna di dalam bacaan tasbih ini adalah "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى" tiga kali.
|
(وَ) التَّسْبِيْحُ فِيْ (السُّجُوْدِ)
وَأَدْنَى الْكَمَالِ فِيْهِ "سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى" ثَلَاثًا
|
Untuk
dzikiran yang
paling sempurna di dalam bacaan tasbih saat ruku’ dan sujud sudah mashur.
|
وَالْأَكْمَلُ
فِيْ تَسْبِيْحِ الرَّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ مَشْهُوْرٌ
|
Meletakkan kedua tangan di
atas kedua
paha saat duduk tasyahud awal dan akhir.
|
(وَوَضْعُ الْيَدَّيْنِ عَلَى
الْفَخْذَيْنِ فِيْ الْجُلُوْسِ) لِلتَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ وَالْأَخِيْرِ
|
Dengan membuka tangan kiri
sekira ujung jemarinya sejajar dengan lutut.
|
(يَبْسُطُ) الْيَدَّ (الْيُسْرَى)
بِحَيْثُ تُسَامِتُ رُؤُسُ أَصَابِعِهَا الرُّكْبَةَ
|
Dan menggenggam tangan
kanan, maksudnya jemarinya, kecuali jari telunjuk tangan kanan.
|
(وَيَقْبِضُ) الْيَدَّ (الْيُمْنَى)
أَيْ أَصَابِعَهَا (إِلَّا الْمُسَبِّحَةَ) مِنَ الْيُمْنَى
|
Maka ia tidak
menggenggamnya, karena sesungguhnya ia akan menggunakannya untuk isyarah,
mengangkatnya saat mengucapkan tasyahud, yaitu ketika mengucapkan kalimat "إِلَّا اللهُ".
|
فَلَا يَقْبِضُهَا
(فَإِنَّهُ يُشِيْرُ بِهَا) رَافِعًا لَهَا حَالَ كَوْنِهِ (مُتَشَهِّدًا) وَذَلِكَ
عِنْدَ قَوْلِ "إِلَّا اللهُ"
|
Dan hendaknya ia tidak
menggerak-gerakan jari telunjuknya. Jika ia menggerak-gerakannya, maka
hukumnya makruh dan sholatnya tidak sampai batal menurut pendapat al ashah.
|
وَلَا يُحَرِّكُهَا
فَإِنْ حَرَّكَهَا كُرِهَ وَلَا تَبْطُلُ صَلَاتُهُ فِي الْأَصَحِّ.
|
Dan sunnah melakukan duduk iftirasy pada semua posisi duduk yang dilakukan
di dalam sholat, seperti duduk istirahah,
duduk di antara dua sujud dan duduk tasyahud awal.
|
(وَالْاِفْتَرَاشُ فِيْ جَمِيْعِ
الْجَلَسَاتِ) الْوَاقِعَةِ فِي الصَّلَاةِ كَجُلُوْسِ الْاِسْتِرَاحَةِ وَالْجُلُوْسِ
بَيْنَ السَّجْدَتَيْنِ وَجُلُوْسِ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ
|
Iftirasy adalah seseorang menduduki
mata kaki kirinya, memposisikan punggung kaki kirinya pada lantai, menegakkan
telapak kaki kanan, dan memposisikan jemari kaki kanannya menempel pada
lantai dan menghadap ke kiblat.
|
وَالْاِفْتِرَاشُ
أَنْ يَجْلِسَ الشَّخْصُ عَلَى كَعْبِ الْيُسْرَى جَاعِلًا ظَاهِرَهَا لِلْأَرْضِ
وَيَنْصِبَ قَدَمَهُ الْيُمْنَى وَيَضَعُ بِالْأَرْضِ أَطْرَافَ أَصَابِعِهَا لِجِهَةِ
الْقِبْلَةِ
|
Dan sunnah duduk tawarruk saat duduk terakhir dari
duduk-duduk di dalam sholat, yaitu duduk tasyahud akhir.
|
(وَالتَّوَرُّكُ فِي الْجَلسَةِ
الْأَخِيْرَةِ) مِنْ جَلَسَاتِ الصَّلَاةِ وَهِيْ جُلُوْسُ التَّشَهُّدِ الْأَخِيْرِ
|
Tawarruk sama dengan posisi duduk iftirasy, hanya saja di samping
menetapi posisi iftirasy, mushali
mengeluarkan kaki kirinya melalui arah bawah kaki kanannya dan menempelkan
pantatnya ke lantai.
|
وَالتَّوَرُّكُ
مِثْلُ الْاِفْتِرَاشِ إِلَّا أَنَّ الْمُصَلِّيَ يُخْرِجُ يَسَارَهُ عَلَى هَيْئَتِهَا
فِي الْاِفْتِرَاشِ مِنْ جِهَةِ يَمِيْنِهِ وَيُلْصِقُ وَرَكَهُ بِالْأَرْضِ
|
Adapun makmum masbuq dan
orang yang lupa, maka dia disunnahkan melakkan duduk iftirasy, tidak duduk tawarruk.
|
أَمَّا
الْمَسْبُوْقُ وَالسَّاهِيْ فَيَفْتَرِشَانِ وَلَا يَتَوَرَّكَانِ
|
Dan sunnah mengucapkan salam
kedua. Adapun salam yang pertama, maka sudah dijelaskan bahwa sesungguhnya
termasuk dari rukun-rukunnya sholat.
|
(وَالتَّسْلِيْمَةُ الثَّانِيَةُ)
أَمَّا الْأَوْلَى فَسَبَقَ أَنَّهَا مِنْ أَرْكَانِ الصَّلَاةِ.
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Tugas Malaikat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar