(Fasal) menjelaskan tentang
hal-hal yang mewajibkan mandi besar.
|
(فَصْلٌ)
فِيْ مُوْجِبِ الْغُسْلِ.
|
Secara bahasa, mandi
bermakna mengalirnya air pada sesuatu secara mutlak.
|
وَالْغُسْلُ
لُغَةً سَيَلَانُ الْمَاءِ عَلَى الشَّيْءِ مُطْلَقًا
|
Secara syara’ adalah
bermakna mengalirnya air ke seluruh badan disertai niat tertentu.
|
وَشَرْعًا
سَيَلَانُهُ عَلَى جَمِيْعِ الْبَدَنِ بِنِيَّةٍ مَخْصُوْصَةٍ.
|
Yang
Mewajibkan Mandi
Sesuatu yang mewajibkan
mandi ada enam perkara.
|
(وَالَّذِيْ يُوْجِبُ الْغُسْلَ
سِتَّةَ أَشْيَاءَ
|
Tiga di antaranya dialami oleh
laki-laki dan perempuan, yaitu bertemunya alat kelamin.
|
ثَلَاثَةٌ) مِنْهَا (تَشْتَرِكُ
فِيْهَا الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ وَهِيَ الْتِقَاءُ الْحِتَانَيْنِ)
|
Bertemunya alat kelamin ini
diungkapkan dengan arti, orang hidup yang jelas kelaminnya
yang memasukkan hasyafah penisnya atau
kira-kira hasyafah dari penis yang terpotong
hasyafahnya ke dalam farji.
|
وَيُعَبَّرُ
عَنْ هَذَا الْاِلْتِقَاءِ بِإِيْلَاجِ حَيٍّ وَاضِحٍ غَيَّبَ حَشَفَةَ الذَّكَرِ
مِنْهُ أَوْ قَدْرَهَا مِنْ مَقْطُوْعِهَا فَيْ فَرْجٍ.
|
Anak Adam yang dimasuki
hasyafah menjadi junub sebab dimasuki oleh hasyafah yang telah disebutkan di
atas.
|
وَيَصِيْرُ
الْآدَمْيُّ الْمُوْلَجُ فِيْهِ جُنُبًا بِإِيْلَاجِ مَا ذُكِرُ.
|
Sedangkan
untuk
mayat yang sudah di mandikan, maka tidak perlu
dimandikan lagi ketika dimasuki
haysafah.
|
أَمَّا
الْمَيِّتُ فَلَا يُعَادُ غُسْلُهُ بِإِيْلَاجٍ فِيْهِ.
|
Adapun khuntsa musykil, maka tidak wajib baginya
melakukan mandi sebab memasukkan hasyafahnya atau kemaluannya dimasuki
hasyafah.
|
وَأَمَّا
الْخُنْثًى الْمُشْكِلُ فَلَا غُسْلَ عَلَيْهِ بِإِيْلَاجِ حَشَفَتِهِ وَلَا بِإِيْلَاجٍ
فِيْ قُبُلِهِ.
|
Di antara hal yang di alami
oleh laki-laki dan perempuan adalah keluar sperma sebab selain memasukkan
hasyafah.
|
(وَ) مِنَ الْمُشْتَرَكِ (إِنْزَالُ)
أَيْ خُرُوْجُ (الْمَنِيِّ) مِنْ شَخْصٍ بِغَيْرِ إِيْلَاجٍ.
|
Walaupun sperma yang keluar
hanya sedikit seperti satu tetes. Walaupun berwarna darah. Walaupun sperma
keluar sebab jima’ atau selainnya, dalam keadaan terjaga atau tidur, disertai
birahi ataupun tidak, dari jalur yang normal ataupun bukan seperti
punggungnya belah kemudian spermanya keluar dari sana.
|
وَإِنْ قَلَّ
الْمَنِيُّ كَقَطْرَةٍ وَلَوْ كَانَتٍ عَلَى لَوْنِ الدَّمِّ وَلَوْ كَانَ الْخَارِجُ
بِجِمَاعٍ أَوْ غَيْرِهِ فِى يَقْظَةٍ أَوْ نَوْمٍ بِشَهْوَةٍ أَوْ غَيْرِهَا مَنْ
طَرِيْقِهِ الْمُعْتَادِ أَوْ غَيْرِهِ كَأَنِ انْكَسَرَ صُلْبُهُ فَخَرَجَ مَنِيُّهُ.
|
Di antara
yang dialami oleh keduanya adalah mati, kecuali orang yang mati
syahid.
|
(وَ) مِنَ الْمُشْتَرَكِ (الْمَوْتُ)
إِلَّا فِي الشَّهِيْدِ.
|
Tiga hal yang mewajibkan
mandi adalah tertentu dialami oleh kaum perempuan. Yaitu haidl, maksudnya
darah yang keluar dari seorang wanita yang telah mencapai usia sembilan
tahun.
|
(وَثَلَاثَةٌ تَخْتَصُّ بِهَا
النِّسَاءُ. وَهِيَ الْحَيْضُ) أَيِ الدَّمُّ الْخَارِجُ مَنِ امْرَأَةٍ بَلَغَتْ
تِسْعَ سِنِيْنَ.
|
Dan nifas, yaitu darah yang
keluar setelah melahirkan. Maka sesungguhnya nifas mewajibkan mandi secara
mutlak.
|
(وَالنِّفَاسُ) وَهُوَ الدَّمُّ
الْخَارِجُ عَقِبَ الْوِلَادَةُ فَإِنَّهُ مُوْجِبٌ لِلْغُسْلِ مُطْلَقًا.
|
Melahirkan yang disertai
dengan basah-basah mewajibkan mandi secara pasti. Sedangkan melahirkan yang
tidak disertai basah-basah mewajibkan mandi menurut pendapat ashah.
|
(وَالْوِلَادَةُ) الْمَصْحُوْبَةُ
بِالْبَلَلِ مُوْجِبَةٌ لِلْغُسْلِ قَطْعًا, وَالْمُجَرَّدَةُ عَنْ الْبَلَلِ مُوْجِبَةٌ
فِي الْأَصَحِّ.
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Malaikat Dan Tugasnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar