(Fasal)
menjelaskan hukum-hukum murtad.
|
(فَصْلٌ) فِيْ أَحْكَامِ (الرِّدَةِ)
|
Murtad
adalah bentuk kekafiran yang paling jelek.
|
وَهِيَ أَفْحَشُ
أَنْوَاعِ الْكُفْرِ
|
Makna
murtad secara bahasa adalah kembali dari sesuatu pada sesuatu yang lain.
|
وَمَعْنَاهَا
لُغَةً الرُّجُوْعُ عَنِ الشَّيْئِ إِلَى غَيْرِهِ
|
Dan
secara syara’ adalah memutus islam dengan niat, ucapan atau perbuatan kufur
seperti sujud kepada berhala.
|
وَشَرْعًا
قَطْعُ الْإِسْلَامِ بِنِيَّةِ كُفْرٍ أَوْ قَوْلِ كُفْرٍ أَوْ فِعْلِ كُفْرٍ كَسُجُوْدٍ
لِصَنَمٍ
|
Semua
itu baik atas dasar meremehkan, menentang atau menyaqini seperti orang yang
menyaqini baru datangnya Sang Pencipta.
|
سَوَاءٌ كَانَ
عَلَى جِهَةِ الْاِسْتِهْزَاءِ أَوِ الْعِنَادِ أَوِ الْاِعْتِقَادِ كَمَنِ اعْتَقَدَ
حُدُوْثَ الصَّانِعِ
|
Barang
siapa yang murtad dari agama islam, laki-laki atau perempuan seperti orang
yang mengingkari wujudnya Allah, mendustakan satu rasul dari rasul-rasulnya
Allah, menghalalkan perkara yang diharamkan secara ijma’ seperti zina dan
minum khamr, atau mengharamkan perkara yang halal secara ijma’ seperti nikah
dan jual beli, maka ia wajib disuruh taubat seketika menurut qaul al ashah
dalam dua perkara tersebut (wajib disuruh taubat dan seketika).
|
(وَمَنِ ارْتَدَّ عَنِ الْإِسْلَامِ) مِنْ رَجُلٍ
أَوِ امْرَأَةٍ كَمَنْ أَنْكَرَ وُجُوْدَ اللهِ أَوْ كَذَّبَ رَسُوْلًا مِنْ رُسُلِ
اللهِ أَوْ حَلَّلَ مُحَرَّمًا بِالْإِجْمَاعِ كَالزِّنَا وَشُرْبِ الْخَمْرِ أَوْ حَرَّمَ
حَلَالًا بِالْإِجْمَاع ِكَالنِّكَاحِ وَالْبَيْعِ (اُسْتُتِيْبَ) وُجُوْبًا فَيْ
الْحَالِ فِيْ الْأَصَحِّ فِيْهِمَا
|
Sedangkan
muqabil al ashah (pendapat
pembanding al ashah) dalam permasalahan yang pertama adalah sesungguhnya
orang tersebut sunnah disuruh taubat. Dan dalam permasalahan kedua adalah
sesungguhnya orang tersebut diberi tenggang waktu tiga, maksudnya hingga tiga
hari.
|
وَمُقَابِلُ
الْأَصَحِّ فِيْ الْأُوْلَى أَنَّهُ يُسَنُّ الْاِسْتِتَابَةُ وَفِيْ الثَّانِيَةِ
أَنَّهُ يُمْهَلُ (ثَلَاثًا) أَيْ إِلَى ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ.
|
Jika
orang tersebut mau bertaubat dengan kembali ke islam dengan cara mengikrarkan
diri dengan mengucapkan dua kalimat syahadah secara tertib dengan mengucapkan
iman kepada Allah pertama kali kemudian kepada rasul-Nya.
|
(فَإِنْ تَابَ) بِعَوْدِهِ إِلَى الْإِسْلَامِ
بِأَنْ يُقِرَّ بِالشَّهَادَتَيْنِ عَلَى التَّرْتِيْبِ بِأَنْ يُؤْمِنَ بِاللهِ
أَوَّلًا ثُمَّ بَرَسُوْلِهِ
|
Sehingga,
jika ia membalik, maka tidak syah sebagaimana yang diungkapkan imam an Nawawi
di dalam kitab Syarh al Muhadzdzab di dalam pembahasan niat wudlu’.
|
فَإِنْ عَكَسَ
لَمْ يَصِحَّ كَمَا قَالَهُ النَّوَوِيُّ فِيْ شَرْحِ الْمُهَذَّبِ فِيْ الْكَلَامِ
عَلَى نِيَّةِ الْوُضْوْءِ
|
Jika
tidak, maksudnya jika orang murtad tersebut tidak mau taubat, maka ia berhak
dibunuh, maksudnya imam membunuhnya jika ia adalah orang merdeka dengan
memenggal lehernya tidak dengan membakarnya dan sesamanya.
|
(وَإِلَّا) أَيْ وَإِنْ لَمْ يَتُبِ الْمُرْتَدُّ
(قُتِلَ) أَيْ قَتَلَهُ الْإِمَامُ إِنْ كَانَ حُرًّا بِضَرْبِ عُنُقِهِ لَا بِإِحْرَاقٍ
وَنَحْوِهِ
|
Sehingga,
jika selain imam membunuh orang murtad tersebut, maka orang tersebut berhak
dita’zir.
|
فَإِنْ قَتَلَهُ
غَيْرُ الْإِمَامِ عُزِّرَ
|
Dan
jika orang murtad tersebut adalah budak, maka bagi majikannya diperkenankan
membunuhnya menurut pendapat al ashah.
|
وَإِنْ كَانَ
الْمُرْتَدُّ رَقِيْقًا جَازَ لِلسَّيِّدِ قَتْلُهُ فِيْ الْأَصَحِّ
|
Kemudian
mushannif menyebutkan hukum memandikan orang murtad dan yang lainnya di dalam
perkataan beliau,
|
ثُمَّ ذَكَرَ
الْمُصَنِّفُ حُكْمَ الْغُسْلِ وَغَيْرَهُ فِيْ قَوْلِهِ
|
Dan
orang murtad tersebut tidak wajib dimandikan, tidak boleh dishalati dan tidak
boleh dimakamkan di pemakaman kaum muslimin.
|
(وَلَمْ يُغْسَلْ وَلَمْ يُصَلَّ عَلَيْهِ وَلَمْ
يُدْفَنْ فِيْ مَقَابِرِ الْمُسْلِمِيْنَ
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Sifat Dasar Manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar