(Fasal)
menjelaskan hukum-hukum qathi’ ath
thariq.
|
(فَصْلٌ) فِيْ أَحْكَامِ (قَاطِعِ
الطَّرِيْقِ)
|
Disebut
demikian karena manusia enggan melewati jalan sebab takut padanya.
|
وَسُمِّيَ
بِذَلِكَ لِامْتِنَاعِ النَّاسِ مِنْ سُلُوْكِ الطَّرِيْقِ خَوْفًا مِنْهُ
|
Qathi’ ath thariq adalah
orang islam mukallaf yang memiliki kekuatan.
|
وَهُوَ مُسْلِمٌ
مُكَلَّفٌ لَهُ شَوْكَةٌ
|
Maka
tidak disyaratkan harus laki-laki atau lebih dari satu.
|
فَلَا يُشْتَرَطُ
فِيْهِ ذُكُوْرَةٌ وَلَا عَدَدٌ
|
Dengan
bahasa “qathi’ ath thariq’”, mengecualikan penjambret yang mengincar
rombongan yang paling belakang dan mengandalkan lari.
|
فَخَرَجَ
بِقَاطِعِ الطَّرِيْقِ الْمُخْتَلِسُ الَّذِى يَتَعَرَّضُ لِأَخِرْ الْقَافِلَةِ
ويَعْتَمِدُ الْهَرَبَ
|
Macam-Macam
Begal
Qathi’ ath thariq ada
empat bagian.
|
(وَقُطَّاعُ الطَّرِيْقِ عَلَى
أَرْبَعَةِ أَقْسَامٍ(
|
Yang
pertama disebutkan di dalam perkataan mushannif, “jika mereka (para begal)
membunuh orang sepadan, maksudnya dengan sengaja dan dhalim, dan tidak
mengambil harta, maka mereka harus dihukum mati.
|
الْأَوَّلُ
مَذْكُوْرٌ فِيْ قَوْلِهِ (إِنْ قَتَلُوْا) أَيْ عَمْدًا عُدْوَانًا مَنْ يُكَافِئُوْهُ
(وَلَمْ يَأْخُذُوْا الْمَالَ قُتِلُوْا) حَتْمًا
|
Dan
jika mereka membunuh dengan tidak sengaja, syibh ‘amdin atau membunuh orang yang tidak sepadan, maka mereka
tidak dihukum mati.
|
وَإِنْ قَتَلُوْا
خَطَأً أَوْ شِبْهَ عَمْدٍ أَوْ مَنْ لَمْ يُكَافِئُوْهُ لَمْ يُقْتَلُوْا
|
Yang
kedua disebutkan di dalam perkataan mushannif, “jika mereka membunuh dan mengambil harta, maksudnya harta yang
mencapai nishab sariqah atau lebih, maka mereka harus dihukum mati dan
disalib di atas kayu dan sesamnya, akan tetapi setelah mereka dimandikan,
dikafani dan disholati.
|
وَالثَّانِيْ
مَذْكُوْرٌ فِيْ قَوْلِهِ (فَإِنْ قَتَلُوْا وَآخَذُوْا الْمَالَ) أَيْ نِصَابَ السَّرِقَةِ
فَأَكْثَرَ (قُتِلُوْا وَصُلِبُوْا) عَلَى خَشَبَةٍ وَنَحْوِهَا لَكِنْ بَعْدَ غَسْلِهِمْ
وَتَكْفِيْنِهِمْ وَالصَّلَاةِ عَلَيْهِمْ
|
Yang
ketiga disebutkan di dalam perkataan mushannif, “jika mereka mengambil harta
dan tidak sampai membunuh, maksudnya mengambil harta yang mencapai nishab
sariqah atau lebih dari tempat penjagaan semestinya dan tidak ada unsur
syubhat bagi mereka dalam harta tersebut, maka tangan dan kaki mereka dipotong
selang seling
|
وَالثَّالِثُ
مَذْكُوْرٌ فِيْ قَوْلِهِ. (وَإِنْ أَخَذُوْا
الْمَالَ وَلَمْ يَقْتُلُوْا) أَيْ نِصَابَ السَّرِقَةِ فَأَكْثَرَ مِنْ حِرْزِ مِثْلِهِ
وَلَا شُبْهَةَ لَهُمْ فِيْهِ (تُقْطَعُ أَيْدِيْهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلَافٍ)
|
Maksudnya,
pertama tangan kanan dan kaki kiri mereka dipotong.
|
أَيْ تُقْطَعُ
مِنْهُمْ أَوَّلاً الْيَدُّ الْيُمْنَى وَالرِّجْلُ الْيُسْرَى
|
Jika
mengulangi lagi, maka tangan kiri dan kaki kanannya mereka dipotong.
|
فَإِنْ عَادُوْا
فَيُسْرَاهُمْ وَيُمْنَاهُمْ يُقْطَعَانِ
|
Jika
tangan kanan atau kaki kirinya tidak ada, maka dicukupkan dengan yang ada
menurut pendapat al ashah.
|
فَإِنْ كَانَتِ
الْيُمْنَى أَوِ الرِّجْلُ الْيُسْرَى مَفْقُوْدَةً اُكْتُفِيَ بَالْمَوْجُوْدِ فِيْ
الْأَصَحِّ
|
Yang ke
empat disebutkan di dalam perkataan mushannif, “jika mereka hanya
menakut-nakuti orang-orang yang lewat di jalan tanpa mengambil harta dari
mereka dan tidak membunuh siapapun, maka mereka dipenjara di selain daerah
mereka dan dita’zir, maksudnya imam memenjarakan dan menta’zir mereka.
|
وَالرَّابِعُ
مَذْكُوْرٌ فِيْ قَوْلِهِ (فَإِنْ أَخَافُوْا) الْمَارِّيْنَ فِيْ (السَّبِيْلِ)
أَيِ الطَّرِيْقِ (وَلَمْ يَأْخُذُوْا) مِنْهُمْ (مَالاً وَلَمْ يَقْتُلُوْا) نَفْسًا
(حُبِسُوْا) فِيْ غَيْرِ مَوْضِعِهِمْ (وَعُزِّرُوْا) أَيْ حَبَسَهُمُ الْإِمَامُ
وَعَزَّرَهُمْ.
|
Barang
siapa dari mereka telah bertaubat sebelum terkangkap oleh imam, maka
hukum-hukum had gugur dari dirinya, maksudnya hukuman-hukuman yang khusus
dengan qathi’ ath thariq.
|
(وَمَنْ تَابَ مِنْهُمْ) أَيْ قُطَّاعِ
الطَّرِيْقِ (قَبْلَ الْقُدْرَةِ) مِنَ الْإِمَامِ (عَلَيْهِ سَقَطَتْ عَنْهُ الْحُدُوْدُ)
أَيِ الْعُقُوْبَاتُ الْمُخْتَصَّةُ بِقَاطِعِ الطَّرِيْقِ
|
Hukuman
tersebut adalah kewajiban membunuh, mensalib, memotong tangan dan kakinya.
|
وَهِيَ تَحَتُّمُ
قَتْلِهِ وَصَلْبِهِ وَقَطْعِ يَدِّهِ وَرِجْلِهِ
|
Dan
tidak gugur had-had yang lain yang menjadi haknya Allah Ta’ala seperti zina
dan mencuri setelah bertaubat.
|
وَلَا يَسْقُطُ
بَاقِيْ الْحُدُوْدِ الَّتِيْ لِلَّهِ تَعَالَى كَزِنًا وَسَرِقَةٍ بَعْدَ التَّوْبَةِ
|
Dari
perkataan mushannif, “hak-hak yang
berhubungan dengan anak Adam seperti qishash, had qadzaf, dan mengembalikan
harta, di ambil kembali,” dapat diambil pemahaman bahwa sesungguhnya
semua bentuk hak-hak tersebut tidak bisa gugur dari qathi’ ath thari sebab ia telah bertaubat, dan hukum yang benar
memang demikian.
|
وَفُهِمَ
مِنْ قَوْلِهِ (وَاُخِذَ) بِضَمِّ أَوَّلِهِ (بِالْحُقُوْقِ) أَيِ الَّتِيْ تَتَعَلَّقُ
بِالْآدَمِيِّيْنَ كَقِصَاصً وَحَدِّ قَذْفٍ وَرَدِّ مَالٍ أَنَّهُ لَا يَسْقُطُ
شَيْئٌ مِنْهَا عَنْ قَاطِعِ الطَّرِيْقِ بِتَوْبَتِهِ وَهُوَ كَذَلِكَ.
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Sifat Dasar Manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar