Hukum Berjama’ah
(Fasal)
sholat berjama’ah bagi orang-orang laki-laki di dalam sholat-sholat fardlu
selain sholat Jum’at hukumnya sunnah muakkad menurut mushannif dan imam ar
Rafi’i.
Namun
pendapat al Ashah menurut imam an Nawawi adalah bahwa sesungguhnya sholat
berjama’ah hukumnya fardlu kifayah.
|
(فَصْلٌ وَصَلَاةُ الْجَمَاعَةِ)
لِلرِّجَالِ فِي الْفَرَائِضِ غَيْرِ الْجُمُعَةِ (سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ) عِنْدَ
الْمُصَنِّفِ وَالرَّافِعِيِّ
وَالْأَصَحُّ عِنْدَ النَّوَوِيِّ أَنَّهَا فَرْضُ كِفَايَةٍ
|
Seorang
makmum bisa mendapatkan pahala berjama’ah bersama imam pada selain sholat
Jum’at selama sang imam belum melakukan salam yang pertama, walaupun sang
makmum belum sempat duduk bersama imam.
|
وَيُدْرِكُ
الْمَأْمُوْمُ الْجَمَاعَةَ مَعَ الْإِمَامِ فِيْ غَيْرِ الْجُمُعَةِ مَالَمْ يُسَلِّمِ
التَّسْلِيْمَةَ الْأُوْلَى وَإِنْ لَمْ يَقْعُدْ مَعَهُ
|
Adapun
hukum berjama’ah di dalam sholat Juma’at adalah fardlu ‘ain, dan tidak bisa
hasil dengan kurang dari satu rakaat.
|
أَمَّا
الْجَمَاعَةُ فِي الْجُمُعَةِ فَفَرْضُ عَيْنٍ وَلَا تَحْصُلُ بِأَقَلَّ مِنْ رَكْعَةٍ
|
Kewajiban-Kewajiban
di Dalam Berjama’ah
Bagi
makmum wajib niat menjadi makmum atau niat mengikuti imam.
|
(وَ) يَجِبُ (عَلَى الْمَأْمُوْمِ
أَنْ يَنْوِيَ الْاِئْتِمَامَ) أَوِ الْاِقْتِدَاءَ بِالْإِمَامِ
|
Dan
tidak wajib menentukan imam yang diikuti bahkan cukup niat bermakmum dengan
imam yang hadir saat itu walaupun dia tidak mengenalnya.
|
وَلَا يَجِبُ
تَعْيِيْنُهُ بَلْ يَكْفِي الْاِقْتِدَاءُ بِالْحَاضِرِ وَإِنْ لَمْ يَعْرِفْهُ
|
Jika ia
menentukan sang imam dan ternyata keliru, maka sholatnya batal kecuali jika
disertai isyarah dengan ucapannya “saya niat bermakmum pada Zaid, yaitu orang
ini”, namun ternyata dia adalah ‘Amr, maka sholatnya tetap sah.
|
فَإِنْ عَيَّنَهُ
وَأَخْطَأَ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ إِلَّا إِنِ انْضَمَّتْ إِلَيْهِ إِشَارَةٌ بِقَوْلِهِ
نَوَيْتُ الْاِقْتِدَاءَ بِزَيْدٍ هَذَا فَبَانَ عَمْرًا فَتَصِحُّ
|
Tidak
bagi imam, maka tidak wajib bagi dia niat menjadi imam untuk mengesahkan
bermakmum padanya di dalam selain sholat Jum’at.
|
(دُوْنَ الْإِمَامِ) فَلَا يَجِبُ
فِيْ صِحَّةِ الْاِقْتِدَاءِ بِهِ فِيْ غَيْرِ الْجُمُعَةِ نِيَّةُ الْإِمَامَةِ
|
Bahkan
niat menjadi imam hukumnya disunnahkan bagi imam. Jika ia tidak niat menjadi
imam, maka sholatnya dihukumi sholat sendirian.
|
بَلْ هِيَ
مُسْتَحَبَّةٌ فِيْ حَقِّهِ فَإِنْ لَمْ يَنْوِ فَصَلَاتُهُ فُرَادَى.
|
Yang Sah
Menjadi Imam
Bagi
lelaki merdeka d perkenankan bermakmum pada seorang budak laki-laki. Dan bagi
lelaki baligh diperkenankan bermakmum pada anak yang menjelang baligh (murahiq).
|
(وَيَجُوْزُ أَنْ يَأْتَمَّ الْحُرُّ
بِالْعَبْدِ وَالْبَالِغُ بِالْمُرَاهِقِ)
|
Adapun
bocah yang belum tamyiz, maka tidak
sah bermakmum padanya.
|
أَمَّا
الصَّبِيُّ غَيْرُ الْمُمَيِّزُ فَلَا يَصِحُّ الْاِقْتِدَاءُ بِهِ
|
Seorang
lelaki tidak sah bermakmum pada seorang wanita dan huntsa musykil. Seorang huntsa
muskil tidak sah bermakmum pada seorang wanita dan huntsa musykil.
|
(وَلَاتَصِحُّ قُدْوَةُ رَجُلٍ
بِامْرَأَةٍ) وَلَا بِخُنْثَى مُشْكِلٍ وَلَا خًنْثَى مُشْكِلٌ بِامْرَأَةٍ وَلَا
بِمُشْكِلٍ
|
Seorang
qari’, yaitu orang yang benar
bacaan Al Fatihahnya, tidak sah bermakmum pada seorag ummi, yaitu orang yang cacat bacaan huruf atau tasydid dari surat
Al Fatihah.
|
(وَلَا قَارِئٌ) وَهُوَ مَنْ يُحْسِنُ
الْفَاتِحَةَ أَيْ لَا يَصِحُّ اقْتِدَاؤُهُ (بِأُمِّيٍّ) وَهُوَ مَنْ يُخِلُّ بِحَرْفٍ
أَوْ تَشْدِيْدَةٍ مِنَ الْفَاتِحَةِ
|
Syarat-Syarat
Berjama’ah
Kemudian
mushannif memberi isyarah pada syarat-syarat bermakmum dengan perkataan
beliau,
|
ثُمَّ أَشَارَ
الْمُصَنِّفُ لِشُرُوْطِ الْقُدْوَةِ بِقَوْلِهِ
|
Di
tempat manapun di dalam masjid seseorang melakukan sholat mengikuti imam yang
berada di dalam masjid, dan ia (yaitu makmum) mengetahui sholatnya imam
dengan langsung melihatnya atau melihat sebagian shof, maka hal tersebut
sudah cukup di dalam sahnya bermakmum pada sang imam, selama posisinya tidak
mendahului imam.
|
(وَأَيُّ مَوْضِعٍ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ
بِصَلَاةِ الْإِمَامِ فِيْهِ) أَيْ فِي الْمَسْجِدِ (وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ
(عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ الْإِمَامِ بِمُشَاهَدَةِ الْمَأْمُوْمِ لَهُ أَوْ بِمُشَاهَدَةِ
بَعْضِ الصَّفِّ (أَجْزَأَهُ) أَيْ كَفَاهُ ذَلِكَ فِيْ صِحَّةِ الْاِقْتِدَاءِ
بِهِ (مَا لَمْ يَتَقَدَّمْ عَلَيْهِ)
|
Jika
tumit sang makmum mendahului tumit imam dalam satu arah, maka sholatnya tidak
sah.
|
فَإِنْ تَقَدَّمَ
عَلَيْهِ بِعَقِبِهِ فِيْ جِهَّتِهِ لَمْ تَنْعَقِدْ صَلَاتُهُ
|
Tidak
masalah jika tumitnya sejajar dengan tumit sang imam.
|
وَلَا تَضُرُّ
مُسَاوَاتُهُ لِإِمَامِهِ
|
Dan disunnahkan
sang makmum mundur sedikit di belakang imam. Dan dengan posisi ini, ia tidak
dianggap keluar dari shof sehingga akan menyebabkan ia tidak mendapatkan
keutamaan sholat berjama’ah.
|
وَيُنْدَبُ
تَخَلُّفُهُ عَنْ إِمَامِهِ قَلِيْلًا وَلَا يَصِيْرُ بِهَذَا التَّخَلُّفِ مُنْفَرِدًا
عَنِ الصَّفِّ حَتَّى لَا يَحُوْزَ فَضِيْلَةَ الْجَمَاعَةِ
|
Jika
seorang imam sholat di dalam masjid sedangkan sang makmum sholat di luar
masjid, ketika keadaan sang makmum dekat dengan imam dengan artian jarak
diantara keduanya tidak lebih kira-kira dari tiga ratus dzira’, dan sang
makmum mengetahui sholat sang imam, dan di sana tidak ada penghalang,
maksudnya di antara imam dan makmum, maka diperkenankan bermakmum pada imam
tersebut.
|
(وَإِنْ صَلَّى) الْإِمَامُ (فِي
الْمَسْجِدِ وَالْمَأْمُوْمٌ خَارِجَ الْمَسْجِدِ) حَالَ كَوْنِهِ (قَرِيْبًا مِنْهُ)
أَيِ الْإِمَامِ بِأَنْ لَمْ تَزِدْ مَسَافَةُ مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثِمِائَةِ
ذِرَاعٍ تَقْرِيْبًا (وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ (عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ الْإِمَامِ
(وَلَا حَائِلَ هُنَاكَ) أَيْ بَيْنَ الْإِمَامِ وَالْمَأْمُوْمِ (جَازَ) الْاِقْتِدَاءُ
بِهِ
|
Jarak
tersebut terhitung dari ujung terakhir masjid.
|
وَتُعْتَبَرُ
الْمَسَافَةُ الْمَذْكُوْرَةُ مِنْ آخِرِ الْمَسْجِدِ
|
Jika
imam dan makmum berada di selain masjid, adakalanya tanah lapang atau
bangunan, maka syaratnya adalah jarak di antara keduanya tidak lebih dari
tiga ratus dzira’, dan diantara keduanya tidak terdapat penghalang.
|
وَإِنْ كَانَ
الْإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُ فِيْ غَيْرِ الْمَسْجِدِ إِمَّا فَضَاءٍ أَوْ بِنَاءٍ
فَالشَّرْطُ أَنْ لَا يَزِيْدَ مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثَمِائِةِ ذِرَاعٍ وَأَنْ
لَايَكُوْنَ بَيْنَهُمَا حَائِلٌ .
|
(Sumber : Kitab Fathul Qorib)
Baca juga artikel kami lainnya : Tugas Tugas Malaikat
Sukron. Sangat bermanfaat.
BalasHapus